Logo Bloomberg Technoz

Ini Besaran Tarif Diskon Tol Semarang-Jakarta pada Arus Balik

Rezha Hadyan
24 April 2023 18:30

Jasa Marga Perpanjang Jalur One Way, Saat Ini Berlaku Dari Km 68 Jalan Tol Jakarta-Cikampek s.d Km 414 GT Kalikangkung Jalan Tol Batang (Jasa Marga)
Jasa Marga Perpanjang Jalur One Way, Saat Ini Berlaku Dari Km 68 Jalan Tol Jakarta-Cikampek s.d Km 414 GT Kalikangkung Jalan Tol Batang (Jasa Marga)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. dipastikan akan memberikan diskon tarif sebesar 20% untuk pengendara dari Semarang ke Jakarta pada masa arus balik Lebaran tahun ini.

Corporate Communications and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menyatakan bahwa diskon akan diberikan kepada pengendara dari Gerbang Tol (GT) Kalikangkung di ruas Batang-Semarang hingga GT Cikampek Utama di ruas Jakarta-Cikampek. Diskon sebesar 20% hanya akan diberikan untuk pengendara yang melakukan tap-in di GT Kalikangkung dan melakukan tap-out di GT Cikampek Utama. 

“Pemberlakuan diskon untuk periode arus balik akan mulai diberlakukan pada Kamis, 27 April 2023 pukul 06.00 WIB hingga Sabtu, 29 April 2023 pukul 06.00 WIB. Potongan diskon akan dilakukan di GT Cikampek Utama saja dan hanya untuk tarif perjalanan menerus dari Semarang menuju arah Jakarta," katanya melalui keterangan resmi, Senin (24/4/2023). 

Lisye menyebut, perjalanan dari GT Kalikangkung menuju GT Cikampek Utama akan menempuh sejumlah ruas jalan tol yang tidak hanya dikelola oleh Jasa Marga tapi juga oleh badan usaha jalan tol (BUJT) lainnya seperti Jalan Tol Batang-Semarang, Jalan Tol Pemalang-Batang, Tol Pejagan-Pemalang, Tol Kanci-Pejagan, Tol Palimanan-Kanci, Tol Cikopo-Palimanan, dan Tol Jakarta-Cikampek.  

Lebih lanjut, pemberlakuan diskon tarif tol 20% ini bertujuan untuk memaksimalkan distribusi lalu lintas. Hal ini untuk menghindari penumpukan kendaraan pada satu tanggal tertentu, terutama yang telah diprediksi menjadi puncak arus balik Idulfitri 1444 H.