Logo Bloomberg Technoz

Bocoran 7 Tips dari OpenAI untuk Dapat Hasil Terbaik di ChatGPT

Referensi
14 October 2024 13:26

ChatGPT. (Bloomberg)
ChatGPT. (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - ChatGPT semakin populer pada tahun 2024, menjadi salah satu alat berbasis kecerdasan buatan (AI) yang banyak digunakan. Meskipun demikian, masih ada pengguna yang merasa hasil dari ChatGPT kurang memuaskan. 

Untuk membantu pengguna mendapatkan hasil yang lebih baik, OpenAI telah membagikan beberapa tips praktis. Berikut adalah bocoran 7 tips yang akan membuat pengalaman Anda menggunakan ChatGPT semakin optimal:

1. Berikan Instruksi yang Jelas dan Spesifik

ChatGPT tidak dapat membaca pikiran penggunanya, oleh karena itu sangat penting untuk memberikan instruksi yang jelas. Jelaskan dengan detail apa yang Anda inginkan, bahkan sertakan contoh dan tentukan batasan kata jika diperlukan. 

Misalnya, jika hasil jawaban terlalu panjang, Anda bisa meminta agar jawaban lebih singkat. Jika Anda membutuhkan jawaban yang lebih mendalam, minta tanggapan tingkat ahli. Dengan instruksi yang jelas, ChatGPT akan lebih mampu memberikan jawaban yang sesuai dengan harapan.

2. Gunakan Teks Referensi

OpenAI menekankan pentingnya menyediakan teks referensi untuk membantu ChatGPT memberikan jawaban yang lebih tepat. Model AI ini terkadang kesulitan menjawab dengan akurat, terutama saat berkaitan dengan kutipan atau URL.