Logo Bloomberg Technoz

8 Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Bisa Bikin Berat Badan Susah Turun

Referensi
14 October 2024 13:12

Ilustrasi Gemuk (Envato)
Ilustrasi Gemuk (Envato)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Memiliki berat badan ideal adalah impian banyak orang, namun untuk mencapainya bukanlah hal mudah.

Selain menjaga pola makan dan rutin berolahraga, ternyata ada kebiasaan sebelum tidur yang bisa mempengaruhi usaha penurunan berat badan. 

Beberapa kebiasaan ini bisa menjadi penghambat, bahkan dapat menyebabkan berat badan semakin sulit turun. Jika kamu sedang berusaha menurunkan berat badan, perhatikan kebiasaan-kebiasaan berikut ini dan usahakan untuk menghindarinya.

Ilustrasi Gemuk (Envato)

1. Makan Terlalu Dekat dengan Waktu Tidur

Salah satu kebiasaan yang sering tidak disadari adalah makan atau ngemil menjelang waktu tidur. Penelitian menunjukkan bahwa makan dalam waktu yang terlalu dekat dengan jam tidur dapat mempengaruhi metabolisme tubuh, sehingga menyebabkan penambahan berat badan.

Tubuh manusia dirancang untuk bekerja lebih optimal pada siang hari ketika aktivitas fisik tinggi, dan tidak dapat memetabolisme makanan dengan baik saat malam hari. Sebaiknya, makan malam dilakukan setidaknya 3-4 jam sebelum tidur agar tubuh memiliki waktu untuk mencerna makanan dengan baik.

2. Langsung Berbaring Setelah Makan Malam