Logo Bloomberg Technoz

Jangan Minum 10 Obat Ini Bersama Kopi, Ada Risiko Berbahaya

Referensi
14 October 2024 13:03

Ilustrasi Minum Kopi. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Minum Kopi. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kopi adalah minuman yang banyak dikenal karena manfaat kesehatannya. Namun, tidak semua orang dapat menikmati kopi dengan aman.

Jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, sangat penting untuk berhati-hati, karena beberapa obat dapat menimbulkan efek samping berbahaya saat dikombinasikan dengan kopi atau sumber kafein lainnya.

Dilansir Bloomberg Technoz dari berbagai sumber, berikut adalah daftar obat-obatan yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan kopi serta informasi penting yang perlu diperhatikan.

1. Obat Pilek dan Alergi

Obat yang digunakan untuk meredakan pilek atau alergi sering kali mengandung zat perangsang sistem saraf pusat seperti pseudoephedrine. Menggabungkan obat ini dengan kopi, yang juga merupakan stimulan, dapat memperburuk gejala seperti kegelisahan dan kesulitan tidur. Beberapa obat alergi, seperti fexofenadine, tidak boleh diminum bersamaan dengan kopi karena dapat meningkatkan aktivitas sistem saraf pusat secara berlebihan, yang dapat memperburuk gejala kegelisahan.

2. Obat Asma

Beta-adrenergic agonist, yang termasuk albuterol dan metaproterenol, digunakan untuk meredakan gejala asma. Obat-obatan ini bekerja dengan merelaksasi otot-otot di sekitar saluran pernapasan. Ketika kopi dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan ini, efek samping seperti kecemasan, gemetar, atau jantung berdebar-debar bisa meningkat, yang harus diwaspadai oleh pengidap asma.

3. Obat Tekanan Darah