Logo Bloomberg Technoz

Melalui akun resmi di X, SpaceX menjelaskan bahwa masyarakat dapat mengirim dan menerima pesan kepada orang-orang terkasih, menghubungi layanan darurat 911, serta tetap menerima peringatan terkait situasi darurat.

Sebelum meluncurkan fitur direct-to-cell untuk penanganan Badai Milton, SpaceX terlebih dahulu mengirimkan 10.000 perangkat Starlink ke daerah yang terkena dampak Badai Helene. Langkah ini menunjukkan komitmen SpaceX dalam membantu masyarakat yang terdampak bencana.

Cara Kerja Satelit Starlink

Pengguna T-Mobile tidak perlu melakukan tindakan khusus atau membayar biaya tambahan untuk mengakses konektivitas dari internet Starlink. Kerja sama antara SpaceX dan T-Mobile memungkinkan pelanggan untuk terhubung dengan jaringan satelit Starlink secara langsung. Namun, beberapa perangkat mungkin perlu mengaktifkan opsi konektivitas satelit di pengaturan ponsel mereka terlebih dahulu.

Ketika ponsel terhubung dengan satelit Starlink, pengguna akan melihat satu atau dua bar sinyal dengan label 'T-Mobile SpaceX' sebagai nama jaringan, seperti yang dijelaskan oleh SpaceX. Jika pesan tidak terkirim, SpaceX merekomendasikan pengguna untuk mencoba beberapa kali, karena konektivitas satelit Starlink cenderung lebih baik saat berada di luar ruangan atau dekat jendela.

Alternatif Layanan Direct-to-Cell

Meskipun Starlink adalah salah satu penyedia layanan direct-to-cell, pengguna operator lain juga memiliki opsi. Pengguna iPhone 14, misalnya, dapat memanfaatkan layanan Emergency SOS yang bekerja sama dengan Globalstar. Selain itu, pengguna Pixel 9 dapat menggunakan fitur 'Satellite SOS' berkat kemitraan dengan Skylo.

Inovasi layanan direct-to-cell yang ditawarkan oleh Starlink dan kemitraan dengan T-Mobile adalah langkah signifikan dalam menghadapi situasi darurat. Dengan adanya konektivitas langsung ke ponsel, pengguna dapat tetap terhubung dengan orang-orang terkasih dan mendapatkan informasi penting dalam keadaan kritis. Pengembangan teknologi ini memberikan harapan baru bagi masyarakat dalam menghadapi bencana dan memperkuat sistem komunikasi yang ada.

(seo)

No more pages