Logo Bloomberg Technoz

Goldman Naikkan Prediksi PDB China karena Stimulus Fiskal Terbaru

News
14 October 2024 10:30

Ekonomi China (Sumber: Bloomberg)
Ekonomi China (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Goldman Sachs Group Inc meningkatkan perkiraan pertumbuhan ekonomi China pada tahun 2024 dan 2025 setelah Beijing meluncurkan serangkaian langkah untuk menopang pertumbuhan, termasuk rencana belanja publik yang lebih besar yang diumumkan pada akhir pekan lalu.

Bank memperkirakan produk domestik bruto (PDB) China akan meningkat 4,9% tahun ini, naik dari 4,7% sebelumnya. Bank ini juga menaikkan prediksi pertumbuhan untuk tahun depan menjadi 4,7% dari 4,3%, menurut sebuah laporan pada Minggu (13/10/2024).

"Putaran stimulus China terbaru dengan jelas mengindikasikan bahwa para pembuat kebijakan telah mengubah manajemen kebijakan bersifat siklikal dan meningkatkan fokus mereka terhadap perekonomian," tulis para ekonom Goldman, termasuk Hui Shan.

Kenaikan peringkat ini terjadi ketika para ekonom dan investor menilai dampak potensial dari dorongan Beijing sejak akhir September untuk mendongkrak perekonomian yang sedang menghadapi sentimen yang lemah dan tekanan deflasi yang terus-menerus.