Logo Bloomberg Technoz

Daerah Penghasil Emas di Indonesia

Selain pembaruan harga, situs Sahabat Pegadaian juga menyajikan berbagai informasi menarik. Salah satunya adalah daerah-daerah penghasil emas terbesar di Indonesia.

Berikut daftar wilayah produsen emas utama di Ibu Pertiwi, sebagaimana dilansir situs Sahabat Pegadaian:

1. Mimika, Papua Tengah

Jika berbicara tentang tambang emas terbesar di Indonesia, maka wilayah Papua merupakan target yang dituju. Mimika yang berada di Papua Tengah tepatnya merupakan daerah penghasil emas terbesar di Indonesia. 

Tambang emas terbesar di Indonesia yang dikelola oleh PT Freeport Indonesia juga terletak di wilayah ini. Setidaknya ada tiga tambang emas besar di Kabupaten Mimika. Selain emas, Mimika juga menyimpan sejumlah mineral lainnya, yaitu perak dan tembaga.

2. Banyuwangi, Jawa Timur

Tambang Emas Tujuh Bukit beroperasi di lahan seluas 4.008 hektare yang tepatnya berada di wilayah hutan di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

Namun, PT Bumi Suksesindo yang mengoperasikannya hanya memanfaatkan lahan seluas 992 hektare sebagai tambang emas.

3. Gunung Pongkor, Bogor, Jawa Barat

Tambang ini dioperasikan oleh Tambang Emas Pongkor (TEP). Berjarak sekitar 54 kilometer dari Kota Bogor, salah satu tambang emas terbesar Indonesia ini sudah beroperasi sejak 1974.

Gunung Pongkor memiliki cadangan geologi yang mencapai sekitar 6 juta ton bijih emas dengan kadar rata-rata sekitar 17,14 gram per ton.

Selain emas, tambang yang berada di Gunung Pongkor tersebut juga memproduksi perak dengan kadar sekitar 154,28 gram per ton.

4. Dompu, Nusa Tenggara Barat

Salah satu tambang emas terbesar di Indonesia berada di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. Tambang Onto dikelola oleh PT Sumbawa Timur Mining (STM) sejak 2010.

Meskipun tergolong baru, Tambang Onto memiliki cadangan emas yang cukup besar karena potensi emas keseluruhan di daerah Nusa Tenggara Barat disinyalir mencapai 507 juta ton.

5. Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat

Sebagai salah satu daerah penghasil emas terbesar di Indonesia, Nusa Tenggara Barat memiliki beberapa tambang. Selain di Dompu, tambang terbesar di Nusa Tenggara Barat berada di wilayah Sumbawa Barat, yaitu Tambang Batu Hijau.

Tambang Batu Hijau yang mulai beroperasi sejak 2000 dikelola oleh PT Amman Mineral Nusa Tenggara.

(aji)

No more pages