Logo Bloomberg Technoz

Pabrik Cip Terbesar Dunia Asal Taiwan TSMC Siap Ekspansi ke Eropa

News
14 October 2024 08:21

Pendiri perusahaan Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. (TSMC), Morris Chang (Sumber: Bloomberg)
Pendiri perusahaan Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. (TSMC), Morris Chang (Sumber: Bloomberg)

Jane Lanhee Lee dan Annabelle Droulers—Bloomberg News

Bloomberg, Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC) merencanakan membangun lebih banyak pabrik di Eropa dengan fokus pada pasar cip kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), menurut seorang pejabat senior Taiwan, seiring dengan perluasan jejak global perusahaan tersebut. 

“Mereka telah memulai pembangunan pabrik pertama di Dresden, mereka sudah merencanakan beberapa pabrik berikutnya di masa depan untuk sektor pasar yang berbeda juga,” kata Menteri Dewan Sains dan Teknologi Nasional Taiwan, Wu Cheng-wen.

Wu tidak menyebutkan jadwal untuk ekspansi lebih lanjut dari produsen cip Taiwan tersebut di Eropa. TSMC mengatakan dalam sebuah pernyataan melalui email bahwa mereka tetap fokus pada proyek-proyek ekspansi globalnya saat ini dan tidak memiliki rencana investasi baru untuk saat ini.

TSMC, yang merupakan pembuat cip terbesar di dunia dan memproduksi sebagian besar semikonduktornya di Taiwan, menghabiskan puluhan miliar dolar AS untuk mendirikan lokasi baru di Amerika (AS), Jepang, dan Jerman, sebagian untuk melindungi diri dari meningkatnya ketegangan geopolitik dengan China.