Logo Bloomberg Technoz

Kata Janda Trending Twitter Gara-gara Tiktoker Singgung Megawati

Tara Marchelin
24 April 2023 13:20

Aktivitas berselancar di Twitter. (Dok Bloomberg)
Aktivitas berselancar di Twitter. (Dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kata janda bertengger menjadi trending di Twitter Indonesia pada pagi hingga siang, Senin (24/4/2023). Ternyata asal-muasalnya berasal dari unggahan di TikTok yang kemudian ramai dikomentari di media sosial Twitter. Unggahan TikTok oleh tiktoker Bima Yudho alias Bima "Lampung" yang menyebut kata janda merujuk kepada Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mendapat berbagai reaksi. 

Bima pada videonya di TikTok menanggapi wawancara Ganjar Pranowo oleh Najwa Shihab yang membahas soal pembatalan Piala Dunia U-20 di Indonesia. Diketahui gubernur yang berasal dari PDIP termasuk Ganjar Pranowo termasuk yang menolak tim Israel bermain di Indonesia. Setelah penolakan Gubernur Bali Wayan Koster dari PDIP soal drawing di Bali, FIFA kemudian membatalkan Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Politikus PDIP Budiman Sudjatmiko melalui akun Twitter ikut merespons soal trending "janda" itu. Sekalipun tak secara langsung, Budiman me-retweet reaksi seorang aktivis media sosial bernama akun Hariqo Satrio yang mengingatkan Bimo bahwa ucapannya tersebut tak pantas.

"Bima Yudho kamu jangan antikritik juga, menyebut Soekarno itu sudah mampus itu tidak pantas menyebut ibu Megawati itu di medsos sebagai janda juga kurang pas, secara bahasa mampus itu berarti menyumpahi bukan hanya kepada ibu Megawati tapi pada siapa saja yang orangtuanya sudah meningga. Jangan kamu bilang orangtuamu sudah mampus, apa pun alasannya," demikian potongan reaksi di Twitter itu.

Trending Twitter

Sementara lewat akun TikTok @awbimaxreborn, Bima menjelaskan soal wawancara yang sempat dia stitch itu.