Logo Bloomberg Technoz

Kode Bahlil Soal Sosok Menteri ESDM Prabowo: Kuning

Dovana Hasiana
13 October 2024 13:00

Bahlil Lahadalia Rapimnas dan Munas XI Partai Golkar (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska)
Bahlil Lahadalia Rapimnas dan Munas XI Partai Golkar (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia kembali mengisyaratkan soal kelanjutan posisinya di pemerintahan Presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto. Hal ini disampaikan, meski dirinya mengklaim tak mengetahui tentang siapa menteri ESDm yang akan dilantik Prabowo pada 21 Oktober mendatang.

Namun, mantan Menteri Investasi tersebut memberikan isyarat akan kementerian ESDM memperbanyak ornamen atau hiasan ruang yang bernuansa warna kuning. Hal ini seolah merujuk pada partai politik tempat Bahlil memimpin sebagai ketua umum yaitu Partai Golkar.

"Di penghujung masa bakti kabinet hingga tanggal 20 [Oktober], saya menyampaikan kepada Bapak Ibu semua [ASN di ESDM], tapi saya lihat kainnya sudah warna kuning. Kalau bisa kuningnya dipertebal lagi," ujar Bahlil di Jakarta, Minggu (13/10/2024).

Bahlil sendiri baru menjabat sebagai ESDM sekitar dua bulan. Dia menggantikan Arifin Tasrif usai Presiden Joko Widodo melakukan reshufle kabinet pada 19 Agustus lalu.

Prabowo dalam sejumlah kesempatan memang berulang kali menyatakan apresiasi terhadap kualitas kerja sejumlah menteri pada Kabinet Indonesia Maju (KIM). Dia pun mengklaim akan mengambil beberapa menteri yang masih dalam kondisi prima untuk melanjutkan karyanya pada periode pemerintahan 2024-2029.