Logo Bloomberg Technoz

Pemerintahan Prabowo: 46 Kementerian dan 33 Badan Negara

Redaksi
13 October 2024 08:00

Rapat Dengan Komisi I, Prabowo Ingatkan Bahaya Perang Dunia Ketiga
Rapat Dengan Komisi I, Prabowo Ingatkan Bahaya Perang Dunia Ketiga

Bloomberg Technoz, Jakarta - Susunan kabinet pemerintahan Presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto perlahan mulai terkuak. Salah satunya, dokumen pemilihan komisi yang dikirimkan pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) ke setiap fraksi.

Dalam dokumen tersebut, DPR rencananya akan memiliki 13 komisi atau 2 komisi lebih banyak dibandingkan 10 tahun terakhir. Pada tiap komisi, DPR juga telah mencantumkan nama-nama kementerian, badan, dan lembaga negara yang akan menjadi mitra kerja.

Dalam dokumen tersebut tertuang ada potensi pembentukan 46 kementerin dan 33 badan negara. 

Dari daftar tersebut, setidaknya terdapat satu tambahan kementerian koordinator yaitu Kemenko Kemasyarakatan. Selain itu, peningkatan satu badan menjadi level kementerian yaitu Badan Nasional Penempatan dan Pelindung Pekerja Migran Indonesia atau BNP2TKI menjadi Kementerian Perlindungan Pekerja Migran Indonesia

Beberapa kementerian baru lainnya lebih merupakan pemisahan dari sebelumnya yang disatukan pada kementerian tertentu. Seperti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang dipisah menjadi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Kehutanan.