Logo Bloomberg Technoz

Malaysia 

Pada awal September lalu, saat Prabowo berkunjung ke Malaysia, Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim, lewat akun instagramnya, menyebutkan, bahwa ia diundang hadiri pelantikan Prabowo sebagai Presiden RI pada 20 Oktober mendatang. 

Dalam foto yang diunggah akun pribadi Anwar, tampak Prabowo disambut hangat oleh Anwar. Salah satu foto yang diunggah pun menunjukkan Prabowo dan Anwar tengah menikmati makan bersama.

“Saya turut berbesar hati menerima undangan beliau ke majlis pelantikan presiden Indonesia yang akan diadakan pada 20 Oktober 2024 di Jakarta,” tulis Anwar dalam unggahannya. 

Australia 

PM Australia Anthony Albanese menyebut dia bakal menghadiri acara pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Jakarta pada 20 Oktober 2024.

PM Albanese mengutarakan, kehadirannya itu menunjukkan komitmen Australia untuk melanjutkan kemitraan dan hubungan baik dengan Indonesia.

“Saya menanti saat-saat bekerja sama yang erat dengan anda, dan saya akan menghadiri acara pelantikan anda pada Oktober,” kata PM Albanese dikutip dari laman resmi Kantor PM Australia.

Pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih hasil Pilpres 2024 dilaksanakan pada Minggu, 20 Oktober 2024, pukul 10.00 WIB, di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Dalam pelantikan tersebut, seluruh mantan presiden dan mantan wakil presiden Indonesia juga dipastikan akan hadir. 

Hingga saat ini, baru Jusuf Kalla, Presiden Joko Widodo (Jokowi), dan Susilo Bambang Yudhoyono yang memastikan diri akan hadir pada pelantikan di MPR. Belum ada konfirmasi apakah Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden ke-11 Boediono, dan Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno akan hadir pada acara

(mfd/lav)

No more pages