Logo Bloomberg Technoz

China Dukung Sektor Properti dengan Obligasi untuk Beli Rumah

News
12 October 2024 12:00

Properti China. (Dok: Bloomberg)
Properti China. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, China akan mengizinkan pemerintah daerah untuk menerbitkan obligasi guna membeli rumah yang tidak terjual, sebagai bagian dari upaya mendukung sektor properti yang sedang tertekan dan menstabilkan ekonomi. Langkah ini merupakan bagian dari dorongan pemerintah untuk memitigasi dampak perlambatan ekonomi.

Menteri Keuangan China Lan Fo'an mengumumkan rencana ini pada jumpa pers hari Sabtu (12/10/2024), menyebutkan bahwa obligasi khusus pemerintah daerah akan digunakan untuk mendukung sektor properti. Dia juga menekankan bahwa pemerintah pusat memiliki ruang untuk memperluas pengeluaran, serta berkomitmen untuk mengurangi beban utang pemerintah daerah. Salah satu langkah yang diambil adalah memberikan kuota satu kali untuk menukar utang mereka dengan obligasi yang memiliki bunga lebih rendah.

"Pemerintah pusat masih memiliki ruang yang cukup besar untuk meminjam dan meningkatkan defisit," kata Lan. Dia menambahkan bahwa ada "alat lain yang sedang dipertimbangkan" selain langkah-langkah yang telah diumumkan. Namun, ia tidak merinci jumlah dana yang akan digunakan untuk pembelian rumah dengan obligasi tersebut.

Sebelumnya, investor dan ekonom yang disurvei oleh Bloomberg memperkirakan pemerintah China untuk mengumumkan stimulus fiskal baru senilai sekitar 2 triliun yuan.