Logo Bloomberg Technoz

Pegadaian merupakan salah satu anak usaha PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI).

7 Cara Membuat Emas Berkilau Lagi

Situs Sahabat Pegadaian juga memberikan informasi menarik seputar emas. Salah satunya adalah bagaimana menjaga agar emas Anda tetap berkilau.

Berikut cara-caranya:

1. Mencuci dengan Sabun Cuci Piring

Salah satu cara membuat warna emas kembali kuning adalah dengan menggunakan sabun cuci piring. Untuk mencobanya, cukup ikuti langkah-langkah berikut:

  • Tambahkan 3 tetes sabun cuci piring ke dalam semangkuk air hangat.

  • Campurkan secara merata.

  • Masukkan perhiasan emas ke dalam larutan sekitar 5-7 menit.

  • Keluarkan perhiasan dari mangkuk.

  • Bilas perhiasan dengan air hingga bersih untuk menghilangkan sisa sabun.

  • Keringkan dengan handuk atau kain halus agar perhiasan tidak tergores.

2. Menggunakan Larutan Pasta Gigi

Beberapa orang mencoba dan mendapatkan hasil memuaskan dari cara agar emas kembali kuning dengan larutan pasta gigi. Pasalnya, pasta gigi mengandung zat abrasif yang ringan dan mampu mengangkat kotoran dari perhiasan emas dengan cukup efektif.

Caranya cukup dengan mencampurkan kurang lebih 2,5 cm pasta gigi dengan air hangat secukupnya. Pastikan agar tidak terlalu encer agar bisa menempel pada sikat berbulu lembut. Gunakan larutan pasta gigi untuk menggosok permukaan emas yang warna kuningnya tidak mengkilap lagi.

Selanjutnya, bilas emas yang telah digosok dengan larutan pasta gigi menggunakan air bersih dan keringkan menggunakan kain lap halus.

3. Memakai Sampo

Di samping sabun cuci piring dan larutan pasta gigi, sampo juga bisa menjadi cara mencuci emas biar kuning lagi yang cukup efektif. Sampo memiliki zat pembersih yang dapat mengangkat kotoran dan debu pada permukaan emas sehingga membuat warnanya kusam.

Untuk membersihkan emas, gunakan sekitar 3 sendok makan sampo yang dicampurkan dengan 1 gelas air hangat. Kemudian, rendam emas selama 20 menit dan sikat dengan sikat berbulu lembut secara perlahan. Jika sudah, bilas dengan air bersih dan keringkan menggunakan kain lap halus.

4. Membersihkan dengan Baking Soda

Baking soda tidak hanya bisa digunakan untuk memasak, namun juga membersihkan perhiasan emas yang sudah tidak mengkilap lagi. Cara mencuci emas biar kuning lagi ini bisa diterapkan dengan melarutkan sebanyak 60 mililiter baking soda dengan 2 sendok makan air dan mengaduknya hingga rata.

Gunakan pasta baking soda untuk dioleskan pada permukaan emas yang warnanya sudah tidak mengkilap lagi. Biarkan selama beberapa menit dan siram larutan cuka pada emas yang dibalut dengan pasta baking soda.

Kemudian, bilas menggunakan air hingga bersih dan keringkan emas dengan kain lap halus agar tidak tergores. 

5. Menggunakan Amonia

Jika terdapat kotoran yang tidak mudah hilang pada emas, gunakan cairan amonia dengan sifat korosifnya untuk membuat emas kembali kuning.

Pastikan untuk mencampurkan 1 tutup botol amonia dengan 6 tutup botol air. Masukkan emas ke dalam larutan amonia kurang lebih satu menit.

Periksa selagi merendam perhiasan dalam larutan dan hindari perendaman yang terlalu lama agar tidak merusak emas. Setelah kurang lebih direndam selama satu menit, bilas perhiasan dengan air hingga bersih dan keringkan dengan kain lap halus sampai emas terlihat mengkilap kembali.

6. Merendam Emas dalam Air Mendidih

Di antara berbagai cara membuat  warna emas kembali kuning, pilihan yang cukup aman adalah dengan merendamnya ke dalam air mendidih. Air mendidih dapat membantu mengangkat debu, kotoran, dan noda pada perhiasan yang membuat warnanya tidak berkilau.

Namun, perlu dicatat bahwa cara membuat emas kuning kembali ini tidak cocok untuk emas dengan lapisan putih dan tambahan aksesoris lainnya. Pasalnya, air yang panas dapat membuat batu permata atau mutiara retak karena terjadinya perubahan suhu secara drastis.

Cara agar emas kembali kuning ini dapat dilakukan dengan merendam emas ke dalam semangkuk air panas dan mendiamkannya hingga suhu air menjadi dingin.

7. Menggunakan Cairan Pembersih Komersial

Jika kotoran dan debu yang menempel pada permukaan emas sulit dibersihkan, cairan pembersih komersial bisa menjadi cara mencuci emas biar kuning lagi. Berbentuk krim atau cairan, pembersih emas komersial bisa dibeli secara online dan diaplikasikan sesuai dengan panduan pemakaian produknya.

(aji)

No more pages