Logo Bloomberg Technoz

Pejabat China telah menetapkan target pertumbuhan ekonomi sekitar 5% untuk tahun ini. Namun tujuan tersebut semakin sulit dicapai, terutama pada Agustus, ketika konsumsi konsumen melemah dan pasar properti masih goyah. Pada akhir September, Beijing mengeluarkan serangkaian stimulus, terutama di bidang kebijakan moneter, dengan langkah-langkah seperti pemotongan suku bunga.

⁠Lee Wei Ling Putri Pendiri Singapura Meninggal di Usia 69 Tahun

Lee Wei Ling (Dok. Facebook/Dr Lee Wei Ling)

Lee Wei Ling, putri Perdana Menteri (PM) pertama Singapura, Lee Kuan Yew, telah meninggal dunia pada usia 69 tahun.

Menurut sebuah postingan di Facebook oleh saudara laki-lakinya, Lee Hsien Yang, Lee meninggal di rumah pada Rabu (09/10/2024). Ia juga merupakan adik dari mantan Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong.

Kematian Lee membawa fokus pada perselisihan keluarga yang berkepanjangan mengenai sebuah rumah yang ditinggalkan oleh mendiang Lee Kuan Yew. Kisah ini meluas ke ranah publik dan politik, saat saudara-saudara tersebut berselisih tentang bagaimana menangani 38 Oxley Road, di pinggiran distrik perbelanjaan Orchard Road, setelah ayah mereka meninggal pada 2015.

Lee didiagnosis dengan penyakit supranuklear progresif, sebuah penyakit otak. "Penyakit ini dimulai dengan penyakit seperti Parkinson yang memperlambat gerakan fisik," tulisnya dalam sebuah postingan Facebook pada 2020. Ia adalah seorang ahli saraf dan penasihat senior di National Neuroscience Institute di negara tersebut.

Risalah The Fed Ungkap Perdebatan di Balik Pemotongan Suku Bunga

Ketua Federal Reserve AS, Jerome Powell saat sidang Senat di Washington, DC, AS, Kamis, (7/4/2024). (Al Drago/Bloomberg)

Gubernur bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed), Jerome Powell, menghadapi beberapa penolakan terkait keputusan pemotongan suku bunga setengah poin pada September. Beberapa pejabat lebih memilih pengurangan yang lebih kecil, yakni seperempat poin.

"Beberapa peserta mengamati bahwa mereka lebih menyukai pengurangan target kisaran sebesar 25 basis poin pada pertemuan ini, dan beberapa lainnya mengindikasikan bahwa mereka dapat mendukung keputusan tersebut," demikian bunyi risalah rapat Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) pada 17-18 September yang dirilis Rabu (10/10/2024) di Washington. Namun, semua peserta sepakat bahwa pengurangan suku bunga adalah langkah yang tepat.

Bulan lalu, para bankir bank sentral AS memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan sebesar setengah poin persentase, langkah yang kuat untuk mendukung ekspansi ekonomi di tengah meredanya inflasi yang membandel dan meningkatnya risiko terhadap pasar tenaga kerja. Meskipun ada perdebatan, risalah mencatat bahwa "mayoritas substansial" mendukung pemotongan tersebut.

Salah satu tantangan bagi sejumlah pejabat adalah ketidaksesuaian langkah besar itu dengan niat mereka untuk menurunkan suku bunga secara bertahap.

Laporan PBB: Israel Sengaja Hancurkan Fasilitas Medis di Gaza

Warga memeriksa kerusakan usai serangan udara Israel di sekolah Rufaida al-Aslamia di Deir Al-balah, Gaza, Kamis (10/10/2024). (Ahmad Salem/Bloomberg)

PBB mengatakan Israel telah melakukan upaya untuk menghancurkan sistem perawatan kesehatan di Gaza, termasuk dengan sengaja membunuh staf medis di zona perang.

Militer Israel telah "dengan sengaja membunuh, melukai, menangkap, menahan, menganiaya, dan menyiksa" personel medis serta menargetkan kendaraan dan fasilitas medis di tengah perangnya melawan Hamas di Jalur Gaza. Pernyataan ini muncul dari laporan yang diterbitkan oleh komisi yang didukung PBB pada Kamis (10/10/2024). Pelanggaran tersebut dianggap sebagai kejahatan perang.

Juru bicara misi Israel untuk PBB, tentara Israel, dan kementerian luar negeri tidak segera menanggapi permintaan komentar. PBB juga menyatakan bahwa Israel tidak bekerja sama dalam penyelidikan tersebut. Israel sebelumnya membantah menargetkan fasilitas atau staf sipil atau kemanusiaan, dengan alasan bahwa mereka merasa terancam karena Hamas menggunakan lokasi-lokasi tersebut sebagai perlindungan.

Komisi tersebut menemukan bahwa Pasukan Pertahanan Israel (IDF) secara sengaja menargetkan fasilitas pediatrik dan neonatal, yang telah menyebabkan "penderitaan yang tak terhitung," terutama di kalangan perempuan dan anak-anak. Tindakan ini berpotensi menyebabkan "kehancuran generasi anak-anak Palestina dan, secara keseluruhan, rakyat Palestina sebagai kelompok," tambah panel tersebut.

Serangan Israel di Markas UNIFIL Lebanon Lukai Dua Prajurit TNI

Israel Mulai Serangan Darat ke Lebanon (Sumber: Bloomberg)

Militer Israel atau IDF mengaku pasukannya telah melepaskan tembakan di dekat pangkalan Pasukan Sementara PBB di Lebanon (United Nations Interim Force in Lebanon/UNIFIL). Tembakan tersebut ikut melukai dua personel pasukan penjaga perdamaian PBB asal Indonesia.

Dalam sebuah pernyataan resmi dari IDF, seperti dikutip dari Reuters, mereka menjelaskan Hizbullah beroperasi dari dalam dan dekat wilayah sipil di Lebanon selatan, termasuk daerah di sekitar pos UNIFIL. Sebuah tank Israel menembaki menara pengawas di markas utama UNIFIL di Ras al-Naqoura. Pasukan UNIFIL kemudian melaporkan bahwa dua personel penjaga perdamaian mengalami cedera dalam insiden tersebut.

Pihak kementerian luar negeri (Kemlu) RI mengkonfirmasi bahwa dua personel pasukan penjaga keamanan PBB yang terluka merupakan dua prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI). Indonesia mengecam keras serangan yang dilakukan di area yang disebut dengan blue line tersebut.

"Pemerintah Indonesia mengecam keras serangan IDF di Lebanon selatan yang melukai 2 personel pasukan penjaga perdamaian PBB asal Indonesia," tegas Menlu Retno Marsudi melalui pernyataan resmi yang disampaikan kepada awak media.

(del)

No more pages