Logo Bloomberg Technoz

Pernyataan Logan tentang ekonomi dan kebijakan moneter menggemakan pernyataan sebelumnya minggu ini, ketika ia mengatakan masih ada risiko kenaikan inflasi.

Data yang dirilis Kamis menunjukkan inflasi dasar naik lebih dari perkiraan pada bulan September. Indeks harga konsumen inti — yang tidak termasuk biaya makanan dan energi — naik 0,3% untuk bulan kedua, mengganggu serangkaian pembacaan yang lebih rendah. Tingkat tahunan tiga bulan naik 3,1%, tertinggi sejak Mei, menurut perhitungan Bloomberg.

“Data terbaru yang kami lihat tentang inflasi sangat disambut baik,” kata Logan, mengacu pada tren jangka panjang. “Kemajuannya sangat luas.”

Sejumlah pejabat Fed, termasuk Presiden Fed New York John Williams, sebagian besar mengabaikan data CPI dan mengisyaratkan mereka mendukung penurunan suku bunga yang berkelanjutan. Namun, Presiden Fed Atlanta Raphael Bostic mengatakan ia akan terbuka untuk melewatkan penurunan suku bunga pada salah satu dari dua pertemuan Fed yang tersisa tahun ini.

Pada hari Jumat, Logan juga mengatakan bank harus memastikan mereka memiliki sumber pendanaan yang beragam dan menekankan bahwa fasilitas pinjaman darurat Fed, yaitu jendela diskonto, harus menjadi bagian dari itu.

Berbicara di sebuah konferensi tentang perempuan dalam layanan keuangan, Logan memuji peningkatan partisipasi angkatan kerja perempuan sejak pandemi, yang mencapai rekor pada bulan Agustus. Ia mengatakan peningkatan fleksibilitas di tempat kerja telah berperan dalam kemampuan perempuan untuk bergabung dengan angkatan kerja.

(bbn)

No more pages