Logo Bloomberg Technoz

Ini Tipe Rumah untuk Karyawan Gaji Rp10 Juta, Bisa di Jakarta?

Azura Yumna Ramadani Purnama
12 October 2024 17:30

Ilustrasi Perumahan. (Dok: BP Tapera)
Ilustrasi Perumahan. (Dok: BP Tapera)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepemilikan rumah masih menjadi impian banyak orang saat ini, terutama masyarakat yang belum memiliki tempat tinggal permanen. Kondisi finansial biasanya menjadi pertimbangkan utama ketika memilih tempat yang layak untuk menetap. 

Pengamat Properti Anton Sitorus menyatakan ketika mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), karyawan dengan gaji Rp10 juta per bulan umumnya akan mendapat plafon cicilan maksimal 30% dari upah bulanan, atau sekitar Rp3 juta.

Jika diamati, Anton menyatakan akan terbilang sulit mencari rumah di daerah Jakarta dengan cicilan Rp3 juta per bulan. Namun hal tersebut bukan sesuatu yang mustahil. Pasalnya, cicilan sebesar Rp3 juta per bulan masih memungkinkan jika karyawan tersebut mengincar rumah bekas atau bahkan rumah yang berada di pinggir Jakarta.

“Untuk dapat rumah yang cicilannya Rp3 juta atau kurang mungkin kalau di Jakarta agak susah, mungkin kalau di pinggir-pinggiran sedikit masih ada gitu ya,” ucap Anton dalam diskusi Penguatan BUMN Menuju Indonesia Emas di Jakarta, dikutip Sabtu (12/10/2024).

Meski demikian, ia menilai bahwa generasi muda saat ini cenderung lebih memilih memiliki rumah yang dekat dengan area bekerja.