Logo Bloomberg Technoz

Pejabat Federal Reserve (The Fed) akan mempertimbangkan kedua laporan tersebut saat mereka merencanakan arah suku bunga. Para ekonom menguraikan data PPI untuk kategori yang masuk ke dalam indikator inflasi yang disukai The Fed—indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi. Kategori-kategori tersebut beragam.

Biaya perawatan dokter dan rawat jalan rumah sakit sedikit berubah, sementara harga tiket pesawat melambung tinggi. Indikator biaya pengelolaan portofolio sedikit meningkat. Data harga PCE September akan dirilis akhir bulan ini.

The Fed memulai langkah pelonggarannya bulan lalu dengan pemangkasan 50 basis poin setelah berbulan-bulan inflasi lebih rendah dan pertumbuhan penggajian melambat.

Sejak saat itu, laporan menunjukkan peningkatan lapangan kerja dan tekanan harga yang kuat, sehingga mendorong para ekonom untuk mengurangi ekspektasi penurunan suku bunga pada November menjadi seperempat poin.

Laporan PPI menunjukkan biaya jasa meningkat 0,2%, melambat dari kenaikan 0,4% pada bulan sebelumnya. Harga barang naik 0,2% untuk bulan ketiga jika tidak termasuk makanan dan energi.

Harga grosir makanan melonjak 1%, tertinggi sejak Februari, sementara harga energi turun 2,7%.

(bbn)

No more pages