Logo Bloomberg Technoz

Saudara Tiri Ratan Terpilih Pimpin Yayasan Pengendali Tata Group

News
11 October 2024 21:00

Noel Tata, saudara tiri Ratan Tata, konglomerat India. (Bloomberg)
Noel Tata, saudara tiri Ratan Tata, konglomerat India. (Bloomberg)

P R Sanjai - Bloomberg News

Bloomberg, Tata Trusts, badan amal yang secara tidak langsung mengendalikan Tata Group, telah menunjuk Noel Tata sebagai pemimpin baru, yang akan menggantikan Ratan Tata dan mengawasi kerajaan bisnis senilai US$165 miliar (setara Rp2.577,08 triliun) yang tersebar di 100 negara.

Keputusan itu diambil dengan suara bulat, kata lembaga filantropi itu dalam pernyataannya hari ini (11/10/2024). "Pengangkatannya mulai berlaku efektif segera," katanya.

Keputusan itu diambil kurang dari dua hari setelah kematian Tata, salah satu pengusaha India paling berpengaruh yang mendirikan konglomerat multinasional pertama di negara itu melalui serangkaian akuisisi besar. Noel, saudara tiri Ratan Tata, saat ini mengepalai peritel pakaian jadi milik grup Trent Ltd yang terbilang sukses.

Pengganti Tata merupakan penunjukan penting bagi konglomerat kopi-ke-mobil tersebut karena Tata Trusts memiliki 66% saham di Tata Sons Pvt, perusahaan induk utama yang mengendalikan entitas terdaftar terbesar milik grup tersebut, termasuk Tata Consultancy Services Ltd, Tata Steel Ltd, dan pemilik Jaguar Land Rover, Tata Motors Ltd.