Logo Bloomberg Technoz

Menlu Retno: Hingga Kini 79 WNI Berhasil Dievakuasi dari Lebanon

Redaksi
11 October 2024 17:40

Menlu Retno Marsudi di Sidang Majelis Umum PBB. (Dok. Kemlu RI)
Menlu Retno Marsudi di Sidang Majelis Umum PBB. (Dok. Kemlu RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) Republik Indonesia Retno Marsudi menyatakan bahwa sebanyak 14 warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Lebanon telah tiba di Indonesia semalam, Kamis (10/10/2024). Sehingga, total jumlah WNI yang berhasil dievakuasi menjadi 79 WNI hingga kini.

Menurut Menlu Retno, evakuasi ke-14 WNI tersebut dilakukan melalui jalur udara dengan rute penerbangan dari Beirut menuju Jakarta dengan titik transit di Jeddah (Arab Saudi) dan Dubai (Persatuan Emirat Arab). Upaya ini merupakan gelombang keenam dari rangkaian evakuasi WNI di Lebanon. 

"Gelombang keenam take off dari Beirut pada 9 Oktober untuk 14 WNI dan sudah tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada 10 Oktober," beber Retno melalui rekaman video yang dibagikan kepada wartawan, Jumat (11/10/2024).

Berdasarkan catatan Kedutaan Besar RI di Beirut, saat ini jumlah WNI yang masih berada di Lebanon sebanyak 85 orang. Sebagian besar dari mereka merupakan WNI yang menikah dengan warga Lebanon dan hingga kini belum mau dievakuasi.

Sementara itu, banyak 17 WNI yang berprofesi sebagai pekerja migran dan diaspora yang menikah dengan WNA sebelumya telah kembali secara mandiri, baik dengan biaya perusahaan maupun pribadi.