Logo Bloomberg Technoz

Komite menerima 286 nominasi untuk penghargaan tahun ini, di mana 197 di antaranya berasal dari perorangan dan sisanya berasal dari organisasi. Nama-nama mereka dirahasiakan selama 50 tahun.

Pemenang tahun lalu adalah aktivis hak asasi manusia Iran yang dipenjara, Narges Mohammadi, yang telah berjuang melawan penindasan terhadap perempuan di Iran. Dalam beberapa tahun terakhir, aktivis hak asasi manusia lainnya yang dianugerahi Nobel, antara lain Ales Bialiatski dari Belarusia, organisasi Rusia Memorial dan Pusat Kebebasan Sipil Ukraina, serta Liu Xiaobo dari China.

The Red Cross telah dianugerahi penghargaan ini sebanyak tiga kali, dan penerima penghargaan sebelumnya di antaranya Barack Obama, Martin Luther King, dan Uni Eropa.

Penghargaan tahunan untuk prestasi di bidang fisika, kimia, kedokteran, perdamaian, dan literatur ini ditetapkan berdasarkan wasiat Alfred Nobel, penemu dinamit asal Swedia, yang wafat pada tahun 1896. Penghargaan di bidang ilmu ekonomi ditambahkan oleh bank sentral Swedia pada tahun 1968.

(bbn)

No more pages