Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Akui Bangun IKN Butuh Waktu lama, Bisa Sampai 20 Tahun

Azura Yumna Ramadani Purnama
11 October 2024 16:20

Presiden Jokowi meresmikan produksi Smelter PT. Freeport Indonesia di Gresik, Senin (23/9/2024). (Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Presiden Jokowi meresmikan produksi Smelter PT. Freeport Indonesia di Gresik, Senin (23/9/2024). (Tangkapan Layar Youtube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan dalam membangun Ibu Kota suatu negara seperti Ibu Kota Nusantara (IKN) membutuhkan waktu yang lama, bahkan bisa mencapai 20 tahun.

Jokowi menyebut pembangunan IKN membutuhkan proses dan tidak dapat diselesaikan hanya dalam waktu satu sampai tiga tahun saja.

“Ini bisa 10 tahun, bisa 15 tahun, bisa juga 20 tahun untuk menjadi sebuah ekosistem besar, Ibu Kota besar, negara besar Indonesia,” kata Jokowi dalam Kompas CEO Forum di IKN, disiarkan secara daring, Jumat (11/10/2024).

Jika banyak yang menyampaikan bahwa setelah perayaan 17 Agustus 2024, Jokowi menyatakan bahwa kantor-kantor yang berada di IKN masih belum siap, begitu juga dengan huniannya masih dalam proses pembangunan.

“Tapi nanti dilihat dari sini kelihatan semuanya. Ini adalah tempat tertinggi yang bisa melihat ibu kota kita. Dan ini memang ruangan ini ruangan yang paling baik,” kata Jokowi.