Logo Bloomberg Technoz

Ada Calon Tambang Tembaga Baru di NTB, Dibeking Grup Vale

Dovana Hasiana
11 October 2024 14:45

Bendera Vale di NYSE./Bloomberg-Michael Nagle
Bendera Vale di NYSE./Bloomberg-Michael Nagle

Bloomberg Technoz, Jakarta  PT Sumbawa Timur Mining (STM) tengah mengelola proyek eksplorasi pertambangan tembaga di Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat berdasarkan Kontrak Karya generasi ke-7.

Corporate Communications STM Cindy Elza mengatakan STM saat ini dalam proses menyelesaikan prastudi kelayakan atau prefeasibility study (PFS) dan ditargetkan memasuki tahap studi kelayakan atau feasibility study (FS) pada 2025. Adapun, target operasi produksi setelah 2030.

Dilansir melalui situs resminya, sebanyak 80% STM dimiliki oleh Eastern Star Resources Pty Ltd, yang notabene merupakan anak perusahaan yang 100% dimiliki oleh Vale Holdings B.V. Sementara itu, 20% saham STM dimiliki oleh PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (ANTM) atau Antam.

“STM membutuhkan dukungan seluruh pemangku kepentingan untuk mewujudkan visinya menjadi operasi pertambangan tembaga kelas dunia, yang didukung oleh energi terbarukan panas bumi dan kami optimistis mewujudkannya,” ujar Cindy kepada Bloomberg Technoz, Jumat (11/10/2024). 

Tambang tembaga di Cile./dok. Bloomberg

Pada 2022, kata Cindy, pengumuman publik kedua terkait deposit onto—atau sebutan yang digunakan STM untuk menyebutkan deposit tembaga ini — diumumkan.