Logo Bloomberg Technoz

Tata Trusts berencana mengadakan pertemuan pada Jumat (11/10/2024) di Mumbai untuk membahas suksesi ini, menurut orang-orang yang mengetahui perkembangan tersebut yang tidak ingin disebutkan namanya karena informasi ini bersifat pribadi.

Kematiannya meninggalkan kekosongan kepemimpinan di badan amal ini yang, di satu sisi, mengendalikan konglomerat kopi-ke-mobil, dan di sisi lain, mendukung kegiatan filantropi mulai dari bantuan bencana hingga seni pertunjukan. Hal ini juga menyisakan ruang yang cukup untuk perebutan kekuasaan di ruang rapat.

Pengaruh sebenarnya dari pimpinan Tata Trust terlihat jelas untuk pertama kalinya pada tahun 2016 ketika Ratan Tata memimpin pemecatan Mistry sebagai pemimpin Tata Sons, yang memicu salah satu pertikaian korporat terbesar di India.

Meskipun salah satu wakil pemimpin—Vijay Singh atau Venu Srinivasan—dapat ditunjuk sebagai pemimpin sementara, pemimpin baru perlu dipilih oleh para pengawas dewan di Sir Ratan Tata Trust, Sir Dorabji Tata Trust, dan 12 lembaga amal sekutu lainnya.

Kuda hitam selalu bisa muncul, berikut ini para pesaing yang memperebutkan posisi teratas di Tata Trust:

Noel Tata

Pria berusia 67 tahun ini adalah putra dari Naval Tata, yang juga ayah dari Ratan, dan Simone Tata. Sudah berada di jajaran direksi Ratan Tata Trust dan Sir Dorabji Tata Trust, saudara tiri sang patriark ini adalah kandidat terdepan untuk menggantikan Ratan.

Noel Tata, saudara tiri Ratan Tata, konglomerat India. (Bloomberg)

Sejak tahun 2014, ia telah memimpin Trent Ltd, peritel pakaian jadi milik Tata Group yang sangat sukses, yang sahamnya melonjak lebih dari 6.000% dalam satu dekade terakhir.

Trent, yang telah memperluas jumlah toko dan tenaga kerja bahkan ketika perusahaan-perusahaan lain melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK), telah menjadi salah satu perusahaan Tata yang paling sukses dalam beberapa tahun terakhir.

Noel sebelumnya memimpin Tata International Ltd dari tahun 2010 hingga 2021, di mana pendapatan perusahaan perdagangan komoditas ini melonjak dari US$500 juta menjadi lebih dari US$3 miliar. Ia juga menjadi anggota dewan direksi dari beberapa perusahaan Tata yang terdaftar di bursa saham, termasuk Tata Steel Ltd dan Voltas Ltd.

Anak-anaknya—Maya, Neville, dan Leah—juga menjabat posisi direksi di beberapa badan amal yang terkait dengan keluarga, menurut situs web Tata Trusts.

Mehli Mistry

Seperti Noel, Mistry adalah anggota direksi di dua badan amal utama Tata dan dipandang sebagai orang kepercayaan Ratan Tata. Bersama dengan Srinivasan dan Singh, Mistry adalah bagian dari komite eksekutif yang mengawasi fungsi Tata Trusts.

Dia adalah Direktur Meher Pallonji Group, yang memiliki kepentingan bisnis di bidang pengecatan industri, pengerukan, bongkar muat, solusi logistik, pelayaran, keuangan, dan dealer mobil.

Selain memiliki hubungan bisnis yang sudah berlangsung lama dengan Tata Group, Mistry adalah sepupu pertama dari Cyrus Mistry, menurut laporan media lokal.

Darius Khambata

Seorang pengacara senior yang memberi nasihat kepada Ratan Tata mengenai masalah suksesi, Khambata juga menjabat sebagai direksi. Ia terus aktif sebagai pengacara di pengadilan-pengadilan terkemuka di India. Baru-baru ini, ia mewakili regulator pasar India dalam sengketa hukum dan pilot Akasa Air dalam sengketa kontrak kerja.

Khambata kembali ke Tata Trusts setelah mengundurkan diri dari badan amal tersebut pada tahun 2016, dengan alasan meningkatnya komitmen profesional.

Keluarnya Khambata terjadi tak lama setelah dewan direksi yang dipimpin Ratan Tata mengudeta Cyrus Mistry yang kemudian menjadi pertarungan selama bertahun-tahun antara Tata Group dan Grup Shapoorji Pallonji. 

Vijay Singh/Venu Srinivasan

Singh dan Srinivasan merupakan wakil pemimpin Tata Trusts dan bekerja sama dengan Ratan Tata dalam menjalankan badan-badan amal ini. Singh adalah mantan birokrat Kementerian Pertahanan, sementara Srinivasan adalah ketua emeritus dari Sundaram Clayton Ltd dan TVS Motor Co.

Menunjuk salah satu dari keduanya, bagaimanapun, akan menjadi sebuah terobosan baru dalam tradisi karena mereka tidak berasal dari komunitas Parsi Zoroaster.

Sejauh ini, Tata Trust hanya dipimpin oleh orang-orang Parsi, keturunan dari kelompok yang melarikan diri dari penganiayaan agama di Persia berabad-abad yang lalu dan menemukan tempat perlindungan di India bagian barat.

(bbn)

No more pages