Logo Bloomberg Technoz

Kemenkes Ungkap Perkembangan Health Tourism

Dinda Decembria
11 October 2024 14:39

Ilustrasi pelayanan kesehatan di rumah sakit. (Envato/halfpoint)
Ilustrasi pelayanan kesehatan di rumah sakit. (Envato/halfpoint)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah memang tengah memajukan "Health Tourism" alias Pariwisata Kesehatan di Indonesia. Sejauh ini wisata kesehatan sudah mulai diterapkan di beberapa daerah Indonesia. Kemenkes pun menjelaskan terkait sudah sampai mana proyek ini.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi health tourism ini tetap terus dijalankan termasuk baru saja  di RS Ngoerah Denpasar melakukan kerjasama dengan SUN Healthcare International dari Korea Selatan untuk layanan Wellness and Aesthetic Center (NSWAC).

"Tetap terus dijalankan health pariwisata, terutama kemarin di Bali baru melakukan kerja sama."terangnya.

Di kesempatan sama, Jubir Kemenkes RI, dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH mengatakan wisata medis menjadi misi daya tarik warga RI berobat di Indonesia, selain menggaet wisatawan mancanegara (Wisman).

"Contoh kalau kita ke surabaya, sekalian kita berobat ke RS Soetomo ya atau RS internasional yang kita ada di Surabaya, sekaligus ke Bromo yuk, ada paket-paket seperti itu. Di Yogyakarta juga berobat di rumah sakit Sardjito bisa lho ke keraton, ke pantai-pantai, pijat tradisional, spa dan sebagainya," terang Syahril.