Logo Bloomberg Technoz

“Kami memiliki komitmen yang besar terhadap Indonesia dan sangat antusias untuk segera menghadirkan produk-produk terbaru kami, termasuk rangkaian iPhone 16, kepada para pelanggan,” mengutip pernyataan terbaru Apple.

“Kami bangga telah melakukan investasi yang signifikan dan terus bertumbuh, yang kami berikan demi mendukung wirausahawan, kreator, dan ekosistem pengembang yang penuh dengan semangat di seluruh wilayah Indonesia.”

Apple tidak sebutkan kapan waktu perilisan iPhone 16 di Indonesia, dimana sebelumnya pemerintah menegaskan komitmen inovasi oleh Apple di dalam negeri belum sepenuhnya terealisasi.

“Hingga saat ini, realisasi investasi Apple di Indonesia baru mencapai Rp1,48 triliun, sementara komitmen awal mereka sebesar Rp1,71 triliun. Jadi masih ada gap sebesar sekitar Rp240 miliar,” ucap Agus, guna menggenapkan nilai TKDN 40% sesuai regulasi Permenperin) Nomor 29 Tahun 2017.

Pemerintah berharap inovasi Apple di dalam negeri bisa lebih besar, seperti mendirikan pusat penelitian dan pengembangan (R&D). Menghadirkan akademi dirasa belum cukup, terang Agus saat berbicara dengan Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kemenko Marves, Odo Manuhutu.

Spesifikasi iPhone 16, cek sebelum akhirnya bisa dijual resmi di Indonesia

Spesifikasi iPhone 16 Pro hingga 16 Pro Max

Lini premium iPhone 16 dibanderol dengan harga mulai dari Rp15,5 juta hingga Rp21,6 juta. Penetapan harga resmi untuk pasar Indonesia besar kemungkinan lebih mahal karena terdapat sejumlah penambahan bea masuk hingga pajak.

Dengan puluhan juta rupiah untuk satu perangkat iPhone 16 premium Anda akan mendapatkan cip yang lebih canggih, A18 Pro. Hasilnya tentu iPhone bisa efisien namun cepat. 

Klaim ini berpengaruh langsung pada keawetan baterai yang terlama di antara semua iPhone yang pernah ada. Material titanium diperhatikan pada bodi. Membuat lini premium iPhone 16 kuat namun punya bobot ringan.

Tahun ini iPhone 16 juga menghadirkan Control Camera Button, hingga pengguna lebih mudah mengontrol fokus dan zoom seperti halnya pada kamera DSLR.

Pada fitur kamera ditanamkan lensa utama 48 MP, dilengkapi sensor quad-piksel yang lebih cepat, memungkinkan resolusi dan frame-rate tertinggi di iPhone.

Spesifikasi iPhone 16 hingga 16 Plus

Lini base model dengan harga lebih terjangkau, hadir dengan layar OLED berukuran 6,1 inch dengan resolusi 2.556 x 1.179 pixel (iPhone 16) dan  6,7 inch dengan resolusi 2.796 x 1.290 pixel (iPhone 16).

Tahun ini Apple menghadirkan beberapa fitur yang juga hadir di base modal, tidak seperti iPhone 15 yang eksklusif dengan lini pro. Seperti  Action Button yang dapat digunakan sebagai pintasan untuk fungsi-fungsi tertentu.

Fitur lain adalah Dynamic Island, yang memungkinkan animasi dinamis di sekitar notch untuk notifikasi seperti panggilan telepon atau alarm.

Cip baru A18 ditanamkan pada iPhone 16 base model dengan klaim 30% lebih cepat dibanding pendahulunya. Cip A18 juga punya efisiensi daya lebih baik hingga umur baterai lebih baik.

Kamera iPhone 16 dan 16 Plus juga mumpuni dengan lensa utama 48 MP, ditambah telefoto 12 MP untuk zoom optik 2x. Perekaman video spasial juga hadir hingga hasilnya dapat ditonton di Apple Vision Pro.

(fik/wep)

No more pages