Logo Bloomberg Technoz

MDKA Punya Tambang Tembaga Baru di Jatim, Terbesar Ke-3 di RI

Dovana Hasiana
11 October 2024 13:25

Ilustrasi area proyek pertambangan (dok PT Merdeka Copper Gold Tbk)
Ilustrasi area proyek pertambangan (dok PT Merdeka Copper Gold Tbk)

Bloomberg Technoz, Jakarta PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) melalui anak usaha PT Bumi Suksesindo (BSI) mengatakan bakal memiliki tambang tembaga terbesar ke-3 di Indonesia—setelah miik PT Freeport Indonesia (PTFI) dan PT Amman Mineral Internasional Tbk  (AMMN) — melalui proyek tembaga Tujuh Bukit di Banyuwangi, Jawa Timur, yang saat ini masih dalam fase praproduksi.

General Manager Communications MDKA Tom Malik mengatakan tambang tersebut berpotensi meningkatkan produksi tembaga Indonesia dalam rentang 10% sampai 15%.  

“Apabila beroperasi, proyek tembaga Tujuh Bukit akan menjadi tambang tembaga ke-3 terbesar di Indonesia dan berpotensi meningkatkan produksi tembaga Indonesia 10%—15%,” ujar Tom kepada Bloomberg Technoz, Jumat (11/10/2024).

Dilansir melalui situs resmi, per Maret 2024, Mineral Resources Estimate (MRE) terbaru dari proyek ini melaporkan peningkatan jumlah sumber daya mineral terindikasi. 

Tembaga cair di sebuah smelter./Bloomberg-Oliver Bunic

Total kandungan sumber daya mineral proyek ini meningkat dari 1.706 juta ton menjadi 1.738 juta ton, dengan peningkatan pada sumber daya mineral terindikasi dari 442 juta ton menjadi 755 juta ton.