Logo Bloomberg Technoz

Jepang akan Larang Nomura Ikut Lelang Obligasi

News
11 October 2024 14:40

Gedung Urbannet Otemachi, kantor pusat Nomura Holdings. (Takaaki Iwabu/Bloomberg)
Gedung Urbannet Otemachi, kantor pusat Nomura Holdings. (Takaaki Iwabu/Bloomberg)

Takashi Umekawa dan Takashi Nakamichi - Bloomberg News

Bloomberg, Kementerian Keuangan Jepang berencana untuk mengecualikan Nomura Holdings Inc. untuk sementara waktu dari keikutsertaannya dalam lelang utang pemerintah. Sanksi ini dikenakan setelah perusahaan tersebut mengaku memanipulasi pasar obligasi berjangka, menurut orang-orang yang mengetahui hal tersebut.

Kementerian Keuangan Jepang akan menangguhkan Nomura dari kelompok utama dealer obligasi pemerintah Jepang selama satu bulan mulai 15 Oktober, kata orang-orang yang tidak ingin disebutkan namanya. Pengumuman akan dibuat pada hari Jumat, orang-orang tersebut menambahkan. 

Perwakilan dari kementerian keuangan dan Nomura tidak segera menanggapi permintaan komentar. 

Tindakan ini merupakan kemunduran lain bagi Nomura setelah pengungkapan tersebut membuat beberapa perusahaan termasuk Toyota Finance Corp. mengalihkan bisnis penjaminan emisi obligasi mereka ke tempat lain. Sebagai salah satu pemain terbesar dalam lelang obligasi pemerintah, Nomura berada di peringkat keempat di antara dealer utama berdasarkan penawaran yang berhasil ditimbang berdasarkan durasi dalam enam bulan hingga September, menurut kementerian keuangan.