Logo Bloomberg Technoz

Tiru China, Adik Prabowo Sebut Properti Bisa Jadi Pilar Ekonomi

Pramesti Regita Cindy
11 October 2024 13:20

Hashim Djojohadikusumo. (Victor J. Blue/Bloomberg)
Hashim Djojohadikusumo. (Victor J. Blue/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta Ketua Satgas Perumahan Hashim Djojohadikusumo menuturkan salah satu kunci keberhasilan ekonomi China adalah masifnya pembangunan perumahan dan sektor industri properti. 

Meski tidak bisa dipungkiri, kata Hashim, kondisi sektor properti di China saat ini dapat dikatakan kurang baik, bahkan sedang krisis. Namun, sektor properti—dalam sejarahnya — tetap menjadi fondasi pertumbuhan ekonomi Negara Panda.

"Ada yang bilang; ‘Pak properti di China lesu, sudah ada ini, ada itu, Evergrande, Vanquish’. Yes, kita akan jawab itu, tetapi itu hanya sejak 2017. Sebelum itu, selama 35 tahun, properti dan perumahan adalah salah satu pilar pertumbuhan ekonomi China. Itu kan tidak bisa dibantah 35 tahun lalu sejak [dipimpin] Deng Xiaoping," kata Hashim di acara Real Estate Indonesia (REI), dikutip Jumat (11/10/2024).

Ilustrasi sektor properti China (Sumber: Bloomberg)

Idola Prabowo

Dalam kesempatan tersebut, Hashim memang beberapa kali menyebut nama tokoh pemimpin reformasi asal China, Deng Xiaoping, yang ternyata merupakan idola Prabowo Subianto.