Logo Bloomberg Technoz

BRMS Garap Tambang Tembaga Baru di Gorontalo, Produksi Usai 2028

Dovana Hasiana
11 October 2024 11:15

Kawat tembaga./Bloomberg- Dhiraj Singh
Kawat tembaga./Bloomberg- Dhiraj Singh

Bloomberg Technoz, Jakarta Direktur PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS) Herwin Hidayat mengatakan tambang tembaga—yang dikelola oleh anak usahanya yakni PT Gorontalo Minerals — di Gorontalo saat ini sedang dalam fase eksplorasi dan bakal mulai berproduksi usai 2028.

Saat ini, jumlah cadangan yang ada sekitar 100 juta ton bijih dan sumber daya yang ada sekitar 400 juta ton bijih. Adapun, kadar tembaganya sekitar 0,5%—0,7%.

Namun, informasi cadangan dan sumber daya tersebut yang masih harus dieksplorasi lebih jauh untuk dapat ditingkatkan lagi ke depannya.

“Memang masih butuh waktu, jadi untuk produksinya sendiri masih mungkin nanti setelah 2028 karena fokus kami sekarang selain untuk produksi yang dari tambang emas di Palu juga untuk yang tembaga di Gorontalo masih kita eksplorasi lebih lanjut,” ujar Herwin kepada Bloomberg Technoz, Jumat (11/10/2024). 

Bumi Resources Minerals. (tangkapan layar via bumiresourcesminerals.com)

Untuk tambang tembaga dan emas yang ada di Gorontalo, Herwin mengatakan, saat ini masih eksplorasi lebih jauh dan juga akan melakukan kegiatan pengeboran untuk meningkatkan jumlah cadangan dan sumber daya yang ada saat ini.