Logo Bloomberg Technoz

Badai Milton Landa Florida, 10 Orang Tewas dan Kerusakan Meluas

News
11 October 2024 13:00

Tanda evakuasi saat Badai Milton melanda St. Petersburg, Florida, AS, Rabu (9/10/2024). (Tristan Wheelock/Bloomberg)
Tanda evakuasi saat Badai Milton melanda St. Petersburg, Florida, AS, Rabu (9/10/2024). (Tristan Wheelock/Bloomberg)

Brian K. Sullivan - Bloomberg News

Bloomberg, Badai Milton mendarat dengan ganas di Florida dekat Sarasota pada Rabu (09/10/2024) malam, menewaskan setidaknya 10 orang. Badai ini juga memutus aliran listrik ke lebih dari 3 juta pelanggan, dan menyebabkan banjir besar. Namun, para pejabat dengan hati-hati optimis bahwa kerusakan tidak akan mencapai tingkat yang ditimbulkan oleh Badai Ian pada tahun 2022.

Gubernur Ron DeSantis mengatakan Florida menghindari "skenario terburuk" bahkan saat tim darurat mulai menilai kerusakan dan menangani pemadaman listrik yang meluas. Selain amukan Milton, badai itu juga memicu serangkaian tornado di Florida tengah pada Rabu sore.

Antara dampak badai dan tornado, kerusakan dan kerugian bisa mencapai antara US$60 miliar hingga US$75 miliar, kata Chuck Watson, pemodel bencana di Enki Research. Badai Ian, yang menghantam dekat tempat Milton mendarat, menewaskan setidaknya 156 orang dan menyebabkan kerusakan serta kerugian lebih dari US$112 miliar pada September 2022, menurut Pusat Badai Nasional AS.

Milton adalah badai kelima dan badai besar kedua yang menghantam Pantai Teluk AS tahun ini. Secara keseluruhan, musim badai Atlantik selama enam bulan telah menghasilkan 13 badai bernama, satu badai lebih sedikit dari rata-rata.

Sebuah perahu di tengah hujan lebat selama Badai Milton di St. Petersburg, Florida, AS, Rabu (9/10/2024). (Tristan Wheelock/Bloomberg)