Logo Bloomberg Technoz

FIFA soal Aturan Tambahan Waktu di Laga Indonesia Vs Bahrain

Redaksi
11 October 2024 10:55

Branding FIFA World Cup 2026 (Sumber: FIFA)
Branding FIFA World Cup 2026 (Sumber: FIFA)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pertandingan antara Timnas Indonesia melawan Bahrain di Kualifikasi Piala Dunia 2026 berakhir dengan penuh kontroversi. FIFA memberikan penjelasan lewat aturan.

Wasit yang memimpin pertandingan tersebut Ahmed Al Kaf menambahkan waktu 3 menit dari waktu tambahan yang diberikan di akhir babak kedua yaitu 6 menit. Hal ini membuat Timnas harus mendapatkan hasil imbang setelah Bahrain berhasil mencetak gol di menit 90+9.

FIFA sebagai regulator tertinggi sepak bola dunia memberikan penjelasan terkait Laws Of The Game musim 2024/2025 yang telah dirilis International Football Association Board (IFAB). Salah satunya soal The Duration of The Match (durasi pertandingan) yang tertulis di halaman 83 nomor 7 poin 3 soal kelonggaran waktu yang sebelumnya terbuang.

Dalam aturan dijelaskan ada beberapa hal, salah satunya wasit berhak memberikan toleransi pada setiap babak untuk semua waktu yang hilang pada babak tersebut dengan beberapa alasan.

Tambahan waktu lebih bisa diberikan wasit jika adanya pergantian pemain, penilaian atau pemindahan pemain yang cedera, membuang-buang waktu, adanya sanksi disiplin, penghentian medis yang diizinkan misalnya istirahat ‘minum’ dan istirahat ‘pendinginan’, penundaan yang berkaitan dengan pemeriksaan dan peninjauan VAR, perayaan gol dan adanya gangguan dari luar.