Logo Bloomberg Technoz

Dalam kaitannya dengan pengembangan sektor perumahan, Joko menekankan pentingnya kehadiran Kementerian Perumahan sebagai sebuah keniscayaan untuk mendukung suksesnya program ini.

REI sebagai asosiasi pengembang, tegas Joko, berkomitmen untuk merealisasikan target 3 Juta Rumah oleh pemerintahan mendatang. "Kami pada posisi standing yang sama untuk melakukan program unggulan [pemerintahan selanjutnya]."

Pada kesempatan yang sama, Ketua Satgas Perumahan Hashim Djojohadikusumo mengonfirmasi program pembangunan 3 juta rumah yang akan dijalankan pada era kepemimpinan presiden terpilih Prabowo Subianto merupakan target anual, bukan sepanjang periode pemerintahan berikutnya selama 5 tahun.

"Perumahan setelah kita pelajari, kita perlu besar-besaran dipikirkan funding pendanaan. Ternyata setelah dipelajari bukan 3 juta [rumah] per periode. Kita mau bikin 3 juta setahun, jadi 5 tahun total 15 juta," kata Hashim.

Untuk itu, Hashim berharap target-target yang telah ditetapkan pada era Prabowo ini dapat dilanjutkan ke penerusnya.

"Ini saya luruskan, bahwa 3 juta unit rumah untuk setiap tahun, hendaknya selama 10 tahun dan dilanjutkan insyallah oleh penerusnya, setelah Prabowo 10 tahun ya entah Mas Gibran atau siapa. Targetnya 1 juta di perkotaan setiap tahun sehingga ada 2 juta di perdesaan. Kenapa angka gini? Karena dari 75.000 desa kalau dibangun setiap tahun di tiap desa dibangun 20 rumah, kita ciptakan 80 pekerjaan jadi menggerakkan ekonomi," tegasnya.

(prc/wdh)

No more pages