Logo Bloomberg Technoz

Diluncurkan pada tahun 2014 sebagai cabang kripto dari perusahaan Chicago DRW Holdings, Cumberland adalah salah satu trading desk terbesar di dunia kripto. Ini adalah bagian dari DRW Holdings, perusahaan yang didirikan oleh Don Wilson tahun 1992 dan dikenal karena perdagangan derivatifnya di pasar keuangan tradisional.

Cumberland juga merupakan market maker untuk beberapa produk dana yang diperdagangkan (ETF) di bursa Bitcoin. Juru bicara perusahaan mengatakan bahwa mereka telah melakukan “upaya dengan itikad baik” untuk mematuhi peraturan SEC dan merasa frustasi dengan tuduhan SEC.

“Kami dan yang lainnya di industri kripto telah berulang kali meminta kejelasan dari regulator tentang penerapan hukum sekuritas yang tepat di ruang aset kripto. Bagi SEC untuk memenuhi segala itikad baik ini dengan tindakan hukum adalah perkembangan yang sangat membuat frustrasi dan mengecewakan, meskipun tidak mengherankan mengingat pendekatan penegakan hukum yang telah kita lihat dalam beberapa tahun terakhir dari SEC, “kata juru bicara.

Selasa lalu Crypto.com mengajukan gugatan terhadap SEC setelah mengatakan bahwa mereka menerima Wells Notice yang menunjukkan niat regulator untuk menuntut pertukaran aset digital karena beroperasi sebagai broker-dealer dan agen kliring sekuritas tidak terdaftar.

SEC tidak mengomentari ada atau tidaknya kemungkinan penyelidikan, kata juru bicara SEC pada hari Selasa terkait Crypto.com yang berbasis di Singapura.

Tuduhan Cumberland merupakan kasus terbaru dari serangkaian tindakan penegakan hukum yang dilakukan oleh SEC terhadap industri ini dalam beberapa tahun terakhir.

Banyak perusahaan termasuk Kraken, Coinbase, Consensys dan Uniswap semuanya telah menjadi target tuntutan hukum di masa lalu oleh SEC, dengan beberapa masih terlibat dalam proses hukum.

Cumberland menawarkan layanan seperti perdagangan bebas, derivatif, dan produk opsi bilateral. 

Cumberland DRW pada bulan Juni mengumumkan bahwa Departemen Layanan Keuangan di New York memberikan lisensi mata uang virtual kepada entitasnya, BitLicense, pada negara bagian yang sama. Ini merupakan salah satu lisensi tersulit yang dapat diperoleh perusahaan kripto.

Cumberland sebagian besar menjalankan bisnis perdagangannya melalui platform perdagangan online, Marea, kata SEC dalam pengaduannya. Melalui platform ini, perusahaan menyediakan kuotasi, dan berdagang dengan orang lain yang diizinkan untuk bergabung dengan platform tersebut.

Perusahaan telah mengizinkan lebih dari 1.500 individu dan organisasi berpenghasilan tinggi untuk bergabung, termasuk “peserta prominen” dalam industri kripto, seperti dana yang dikelola oleh perusahaan investasi aset kripto dan dana lindung nilai aset kripto yang sudah tidak aktif lagi, kata SEC.  

(bbn)

No more pages