Logo Bloomberg Technoz

Investor Asing Minat Garap Program Prabowo Soal 1 Juta Apartemen

Pramesti Regita Cindy
11 October 2024 11:00

Apartemen (Dok. Bloomberg)
Apartemen (Dok. Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta Ketua Satgas Perumahan Hashim Djojohadikusumo menegaskan saat ini telah terdapat calon investor asing yang tertarik terhadap program pembangunan 1 juta unit apartemen di perkotaan, yang digagas oleh presiden terpilih Prabowo Subianto.

Proyek tersebut termasuk dalam bagian program 3 Juta Rumah, yang dibagi atas 2 juta rumah di kawasan perdesaan dan 1 juta apartemen di areal perkotaan. Menurut Hashim, sudah ada penawaran dari pengusaha Qatar untuk menggarap proyek 1 juta apartemen tersebut.

"Konsep dari Satgas kita nanti mengundang perusahaan dari China, Qatar, Abu Dhabi, Singapura, dan Malaysia. Saya bisa lapor, ada indikasi sukses. Pengusaha [dari Qatar] menyatakan minat untuk membangun 1 juta unit apartemen dengan syarat tidak boleh rugi. Akan tetapi, dia tidak boleh untung besar karena amal, tetapi jangan rugi," kata Hashim ditemui di sela agenda Propertinomics oleh Real Estat Indonesia (REI), dikutip Jumat (11/10/2024). 

Hashim bahkan menuturkan sudah ada sebanyak 10,7 juta orang yang tertarik dengan pembangunan 1 juta unit apartemen ini.

"[Pengusaha Qatar itu] tanya; 'Mr Hashim, ada enggak 1 juta keluarga yang mau beli apartemen yang saya bangun?' Nah, data dari BPN 10,7 juta, belum termasuk 27 juta RTLH [Rumah Tidak Layak Huni]. Saat ini 10,7 juta sudah ada demand-nya," jelas Hashim.

Pusat perkotaan yang dipenuhi dengan apartemen di Dubai. (Christopher Pike/Bloomberg)