Logo Bloomberg Technoz

HP Android Akan Punya Toko Aplikasi Lain Non Google Play Store

Redaksi
11 October 2024 10:15

Toko Aplikasi milik induk Google, Alphabet, Google Play Store. (Dok: Bloomberg)
Toko Aplikasi milik induk Google, Alphabet, Google Play Store. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Toko aplikasi milik perusahaan teknologi raksasa asal Amerika (AS) Alphabet Inc, Google Play Store, tidak boleh menjadi eksklusif di perangkat dengan sisitem operasi Android, juga milik perusahaan. Google masuk membuka akses atas toko aplikasi alternatif dan layanan terkait lain dari pihak ketiga.

Dalam keterangannya Hakim James Donato menegaskan keputusan Majelis bertujuan menciptakan persaingan pasar yang adil.

“Mengharuskan Google untuk mengizinkan toko aplikasi lain didistribusikan melalui Play Store untuk jangka waktu tertentu,”  jelas dia, dikutip dari Bloomberg News, Jumat (11/10/2024).

Play Store yang tidak lagi menjadi pilihan default di perangkat Android  merupakan langkah sederhana untuk memperbaiki konsekuensi dari tindakan yang secara tidak sah mencegah toko-toko saingannya untuk menjangkau pengguna dan pengembang, Donato dalam pertimbangannya.

Hal ini didasari atas keputusan hakim federal di San Francisco atas perselisihan induk Google dengan Epic Games Inc, developer game Fortnite. Kabar yang menambah risiko pelemahan kekuatan Google, usai dalam kasus terpisah perusahaan diusulan Departemen Kehakiman AS (DoJ) memecah unit bisnis karena dugaan kuat melakukan monopoli pasar atas mesin pencarian.