Logo Bloomberg Technoz

Wisatawan yang datang, menurut Hashim, akan tertarik melihat desain perumahan yang mencerminkan identitas budaya daerah, seperti rumah-rumah dengan arsitektur khas Bali.

"Nah, kalau saran kami, kalau seorang petani mau desain California, iya silahkan. Ini kan asasi manusia. Akan tetapi, kalau seorang petani di Jogja [misalnya], tidak mau terima desain rumah dari Bekasi itu jangan dipaksa. Itu pesan saya. Betul ini kita mau variasi dan ini juga menunjang pariwisata," terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Hashim yang juga selaku anggota Dewan Kehormatan REI turut menekankan permasalahan stunting bukan hanya disebabkan penyakit gizi buruk, melainkan juga faktor pemilihan lingkungan perumahan juga dapat membawa pengaruh terhadap tingginya kasus tersebut di Indonesia.

Dengan demikian, selain memperkuat anak-anak Indonesia dengan program Makan Bergizi Gratis (MBG), pemerintah yang akan datang di bawah Prabowo Subianto akan mendukung program lingkungan yang sehat.

"Kalau anak-anak kecil main-main dan hidup di dalam suasana dan lingkaran atau lingkungan yang tidak sehat, minum air tidak bersih, air kotor, mandi dengan air kotor kalau bisa mandi, main-main di lantai berupa tanah, cacing-cacingan, bakteri, virus, dan sebagainya; maka kalau kita mau berantas stunting, itu harus holistic approach," ujarnya.

"Bukan hanya makanan bergizi, tetapi kalau anak dapat makanan di sekolah dua kali sehari, tetapi kembali ke rumah gubuk dan harus hidup dengan hewan dan sebagainya, ini tidak akan menyelesaikan masalah. Maka perumahan yang layak itu sangat-sangat penting," jelas Hashim.

Dengan demikian, secara tersirat Hashim turut mendorong program pembangunan 3 juta unit rumah sebagai salah satu langkah progresif untuk dapat menurunkan stunting berbarengan dengan program makan bergizi gratis.

Seperti diketahui, presiden terpilih Prabowo Subianto—yang notabene juga adalah kakak Hashim — memiliki program untuk membangun 3 juta rumah tiap tahun; terdiri dari 2 juta rumah di perdesaan dan 1 juta unit apartemen di daerah kota. 

Pada kesempatan yang sama, Ketua REI sekaligus Anggota Satgas Perumahan Joko Suranto juga meminta kepada masyarakat agar mendukung salah satu program unggulan Prabowo tersebut agar dapat mengurangi tingkat kemiskan dan juga stunting.

"Mari kita support program 3 juta rumah akan juga mengurangi kemiskinan dan akan menyebabkan [penurunan] stunting. Jadi, lingkungan rumah kita harus terbaik," tegasnya.

(prc/wdh)

No more pages