Logo Bloomberg Technoz

Program 3 Juta Rumah Prabowo: Desainnya Sesuai Kearifan Lokal

Pramesti Regita Cindy
11 October 2024 10:50

Desa Wisata Tenganan Pegringsingan, Bali. (Bloomberg Technoz/Donald Banjarnahor)
Desa Wisata Tenganan Pegringsingan, Bali. (Bloomberg Technoz/Donald Banjarnahor)

Bloomberg Technoz, Jakarta Ketua Satgas Perumahan Hashim Djojohadikusumo menegaskan desain perumahan, yang akan dibangun dalam program 3 Juta Rumah besutan presiden terpilih Prabowo Subianto, harus mencerminkan kearifan lokal setiap daerah.

Dalam kaitan itu, Hashim bahkan telah mendiskusikan langsung hal tersebut dengan Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) Nixon Napitupulu.

"Saya bilang; 'Pak Nixon, jangan itu desainnya sama’. Saya minta, dari Aceh [misalnya], saya mintakan beliau desain yang dibangun itu harus sesuai dengan kearifan lokal, harus sesuai dengan desain Aceh. Namun, kita Di Aceh juga ngerti ada beberapa suku, sehingga mungkin suku Gayo mungkin mau beda lagi Ini pesan saya," jelas Hashim dalam agenda Propertinomics bersama Real Estat Indonesia (REI), dikutip Jumat (11/10/2024).

Hashim Djojohadikusumo. (Victor J. Blue/Bloomberg)

Tunjang Pariwisata

Selain itu, Hashim—yang notabene juga merupakan adik Prabowo — turut menekankan pentingnya variasi dalam desain rumah di berbagai daerah di Indonesia agar tidak hanya sesuai kebutuhan masyarakat, tetapi juga dapat menunjang pariwisata.