Logo Bloomberg Technoz

Desakan Merombak Bisnis Google, Apa Dampak Bagi Dunia Internet?

Redaksi
11 October 2024 09:15

Google.
Google.

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dunia internet bisa jadi berputar 180 derajat saat terjadi pembubaran Google, dengan memecah unit bisnis semacam Chrome, Play, dan Android. 

Pada tatanan internet saat ini, seluruh unit pada induk Google, Alphabet Inc, saling mendukung atas fitur terkait pencarian Google—termasuk titik akses pencarian dan pengembangan kecerdasan buatan (AI)—dibandingkan saingan atau pendatang baru.

Pada pernyataan terakhir Departemen Kehakiman (DoJ) menegaskan seluruh unit bisnis Google bersatu demi mempertahankan monopoli pasar, mulai dari pencarian online hingga iklan digital internet.

Google juga rela membayar US$26 miliar untuk menjadikan mesin pencarinya sebagai pilihan default di ponsel dan browser web secara efektif menghalangi kompetitor lain untuk sukses di pasar, terang salah satu Hakim Federal di Washington beberapa waktu lalu.

Pada awal minggu ini Bloomberg News mengabarkan bahwa penyidik antimonopoli DoJ bilang, Hakim Amit Mehta juga dapat memerintahkan unit Alphabet Inc ini untuk memberikan akses pada data yang digunakannya untuk membangun hasil pencarian dan produk AI.