Logo Bloomberg Technoz

Elon Musk Pamer Prototipe Robotaxi 'Cybercab' Harga Rp468 Juta

News
11 October 2024 08:30

Pabrik Tesla. (Sumber: Bloomberg)
Pabrik Tesla. (Sumber: Bloomberg)

Kara Carlson, Dana Hull dan Ed Ludlow—Bloomberg News

Bloomberg, Tesla Inc akhirnya akan mengungkapkan prototipe robotaxi swakemudi yang disebut Cybercab dan telah lama ditunggu-tunggu. Cybercab akan memulai produksi pada tahun 2026 dengan perkiraan harga kurang dari US$30.000 (sekitar Rp468 juta).  Selain robotaxi, Elon Musk juga memamerkan konsep Robovan yang tampak futuristik dengan total kapasitas 20 penumpang.

Ini jadi pertaruhan nama baru perusahaan dan sang pemilik sekaligus Chief Executive Officer (CEO), Elon Musk. Acara yang dimulai pada pukul 19.00 di Burbank, California, ini diharapkan dapat mengungkap fungsi dari robotaxi yang disebut Cybercab. Robotaxi dari Tesla sekaligus menjadi model bisnis baru yang diyakini Tesla akan menggerakkan sektor transportasi yang bebas dari supir. 

Elon Musk mengatakan bahwa ia sangat percaya dengan kekuatan transformatif dari robotaxi. Dia mempertaruhkan masa depan keuangan perusahaan pada produk tersebut.

Suksesnya peluncuran akan membantu meredam keraguan seputar strategi kendaraan otonom Elon Musk - dan sebuah acara yang berisi jenis kekeliruan yang telah mengganggu pengungkapan produk di masa lalu dapat mengintensifkannya.