Logo Bloomberg Technoz

Susunan Mitra Komisi DPR dan Daftar Kementerian Prabowo

Mis Fransiska Dewi
11 October 2024 06:00

Gedung DPR/MPR RI (DOK dpr.go.id)
Gedung DPR/MPR RI (DOK dpr.go.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan menuntaskan penyusunan alat kelengkapan dewan (AKD) dan komisi-komisi. Sebanyak 13 komisi disusun, mempertimbangkan daftar kementerian kabinet Prabowo-Gibran.

“Sekarang lagi tahap finalisasi mudah-mudahan besok (hari ini) sudah selesai,” kata Dasco di Kompleks Parlemen, Kamis (10/10/2024). 

Dasco juga menyebut bahwa nomenklatur sebagian kementerian untuk kabinet pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan diketahui pada hari ini.

Dalam dokumen atau formulir pemilihan komisi yang diberikan kepada fraksi-fraksi di DPR, lembaga legislatif tersebut menyusun sebanyak 13 komisi untuk mengimbangi sejumlah kementerian dan badan yang akan bekerja di bawah kepemimpinan Prabowo-Gibran.

Terdapat total 46 kementerian Prabowo-Gibran dalam formulir yang disebar kepada fraksi-fraksi tersebut. Dari total 46 kementerian tersebut, terdapat lima kementerian kordinasi (Kemenko), terbaru yang dibentuk Prabowo-Gibran adalah kementerian Koordinator Bidang Kemasyarakatan.