Logo Bloomberg Technoz

Pemerintah RI Tutup Semua Opsi Temu Masuk Pasar Domestik

Redaksi
11 October 2024 05:00

Marketplace Temu asal China. (Lam Yik/Bloomberg)
Marketplace Temu asal China. (Lam Yik/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah Indonesia menutup semua opsi pengelola platform e-commerce Temu asal China masuk pasar Indonesia. Rumor Temu masuk melalui investasi di marketplace lokal, Bukalapak, juga dibantah.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menegaskan “kita nggak akan kasih mereka [Temu] beroperasi,” saat ditemui di kantornya, Kamis (10/10/2024), dengan harapan melindungi pelaku ekonomi dalam negeri khususunya UMKM, seperti yang juga disampaikan Menteri Koperasi UKM Teten Masduki pertengahan tahun ini.

Kementerian Kominfo sejak Rabu telah menyatakan telah memblokir Temu di seluruh platform toko aplikasi, dengan mengirimkan permintaan secara resmi kepada Apple dan Google.

Meski dalam penelusuran Temu masih muncul dan bisa diunduh di Play Store dan App Store, Budi Arie menegaskan, aplikasi milik PDD Holdings Inc ini tidak bisa digunakan.

Temu yang ada di masing-masing perangkat handphone pengguna hanya sebatas menampilkan etalase barang, tidak bisa bertransaksi. “Sudah nggak bisa dipakai sebenarnya,” terang dia.