Logo Bloomberg Technoz

Lawan China, India Akan Bangun Kapal Selam Nuklir & Beli Drone

News
10 October 2024 17:40

Kapal selam AS (Sumber: Bloomberg)
Kapal selam AS (Sumber: Bloomberg)

Sudhi Ranjan Sen - Bloomberg News

Bloomberg, India akan membangun dua kapal selam bertenaga nuklir dan membeli 31 pesawat tak berawak jarak jauh buatan Amerika Serikat (AS) dengan perkiraan biaya sebesar 350 miliar rupee (US$4,2 miliar) untuk melawan dominasi militer China di kawasan ini. Kabar ini diungkap oleh beberapa pejabat senior yang mengetahui hal tersebut.

Menurut para pejabat yang tidak ingin disebutkan namanya karena masalah ini sangat sensitif, Komite Kabinet India untuk Keamanan, yang dipimpin Perdana Menteri Narendra Modi, mengambil keputusan tersebut pada Rabu (9/10/2024).

Dua kapal bertenaga nuklir yang membawa senjata konvensional ini akan dibangun di galangan kapal lokal untuk pertama kalinya. Kapal bertenaga nuklir jauh lebih unggul daripada kapal diesel-listrik: kapal ini lebih cepat, dapat bertahan di bawah air hampir tanpa batas waktu, dan lebih besar, sehingga dapat mengangkut lebih banyak senjata, peralatan, dan pasokan.

Australia bekerja sama dengan Inggris dan AS untuk membuat kapal serupa melalui kemitraan keamanan tripartit yang disebut AUKUS. Hingga saat ini, hanya beberapa negara—AS, Inggris, Prancis, China, dan Rusia—yang memiliki teknologi untuk mengerahkan dan mengoperasikan kapal selam bertenaga nuklir.