Logo Bloomberg Technoz

Hashim Pastikan Prabowo Akan Bangun 15 Juta Rumah dalam 5 Tahun

Pramesti Regita Cindy
10 October 2024 17:10

Suasana pembangunan perumahan di kawasan Cileungsi, Kab Bogor, Jawa Barat, Kamis (30/5/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Suasana pembangunan perumahan di kawasan Cileungsi, Kab Bogor, Jawa Barat, Kamis (30/5/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta Ketua Satgas Perumahan Hashim Djojohadikusumo mengonfirmasi program pembangunan 3 juta rumah yang akan dijalankan pada era kepemimpinan presiden terpilih Prabowo Subianto merupakan target anual, bukan sepanjang periode pemerintahan berikutnya selama 5 tahun.

Untuk itu, dia berharap program tersebut juga dapat dilanjutkan kepada kepemerintahan selanjutnya, walaupun Prabowo sendiri diketahui baru akan dilantik pada 20 Oktober 2024. 

Mulanya, Hashim—yang notabene juga adalah adik dari Prabowo — menekankan bahwa Satgas Perumahan tidak hanya akan membangun 3 juta unit perumahan, sesuai program presiden ke-8 tersebut, tetapi membangun 15 juta perumahan atau lima kali lipat dari target tiap tahunnya. 

"Perumahan setelah kita pelajari, kita perlu besar-besaran dipikirkan funding pendanaan. Ternyata setelah dipelajari bukan 3 juta [rumah] per periode. Kita mau bikin 3 juta setahun, jadi 5 tahun total 15 juta," kata Hashim di agenda REI, Jakarta Pusat, Kamis (10/10/2024).

Untuk diketahui, pembangunan 3 juta unit rumah ini akan terbagi menjadi 2 juta unit pembangunan perumahan untuk di desa, dan 1 juta pembangunan unit apartemen di kota. Untuk pembangunan di desa sendiri, Hashim menjelaskan hanya diperbolehkan untuk kontraktor daerah yang bisa mengikuti program ini.