Logo Bloomberg Technoz

Bila data inflasi angkanya melampaui prediksi pasar, tekanan jual bisa semakin besar karena pasar saat ini sudah dipaksa memangkas harapan penurunan Fed fund rate pada November, menyusul data pasar tenaga kerja yang kuat.

Pada Rabu malam pasar mendapati risalah rapat FOMC The Fed yang memperlihatkan adanya keterbelahan opini dari para pembuat kebijakan di mana sebagian pejabat lebih memilih pemangkasan Fed fund rate lebih kecil. 

"Laporan CPI bulan ini mungkin masih mendorong volatilitas pasar menyusul laporan pasar tenaga kerja yang luar biasa pada Jumat pekan lalu, sebuah pembacaan yang mengisyaratkan potensi risiko kenaikan inflasi lagi," kata Matthew Weller, analis di Forex.com dan City Index, dilansir dari Bloomberg.

Tekanan jual di saham

Pelemahan rupiah berlangsung ketika tekanan jual di pasar saham meningkat. IHSG yang dibuka naik tipis pagi tadi, jelang penutupan pasar sore ini tergerus 0,26% ke level 7.484.

Sementara di pasar surat utang negara, pergerakan harga obligasi cenderung stagnan. Berdasarkan data sampai perdagangan tengah hari, yield Surat Berharga Negara (SBN) sebagian besar turun tipis mengindikasikan masih ada minat beli di tengah koreksi di pasar obligasi global tadi malam.

Yield SBN tenor pendek 2Y dan 3Y masing-masing turun 2 bps dan 3,7 bps. Sedangkan tenor 5Y dan 10Y sama-sama terkikis sedikit 0,6 bps.

Tenor lebih panjang 15Y turun 1,8 bps imbal hasilnya disusul tenor 20Y yang turun 2,7 bps ke 6,92%.

(rui)

TAG

No more pages

Artikel Terkait