Logo Bloomberg Technoz

Perangkat yang dijual murah Temu kompatibel dengan perangkat streaming Fire TV.

Pengguna Temu membeli lebih dari 75.000 unit produk tersebut, yang memiliki peringkat 4,6 bintang dari ribuan ulasan. Banyak reviewer mengatakan bahwa produk pengganti ini tampak persis seperti remote yang disertakan dengan perangkat streaming Amazon mereka. 

Perangkat yang dibeli dari Temu disediakan oleh perusahaan yang berbasis di China bernama “Cilcone,” menurut situs web.

“Saya skeptis bahwa ini akan berhasil, tetapi karena biayanya yang murah, saya bersedia mencobanya,” kata salah satu ulasan tertanggal 16 Agustus. “Yang harus saya lakukan adalah memasukkan baterai, mengikuti petunjuknya dan dalam waktu 30 detik, alat ini sudah bisa mengendalikan Fire Cube dan TV saya.”

Belum jelas apakah Temu berencana untuk membawa gadget lain yang berhubungan dengan Fire TV.

“Produk ini dijual oleh penjual pihak ketiga kami. Produk serupa tersedia secara luas di berbagai pasar online,”  kata juru bicara Temu dalam sebuah pernyataan.

Seorang juru bicara Amazon mengatakan bahwa perusahaan sedang menyelidiki situasi ini.

Induk Temu, PDD Holdings Inc pada bulan Agustus membuat para investor khawatir setelah memperingatkan bahwa pertumbuhan pendapatan akan melambat karena harus bersaing dengan para saingannya yang mengejar konsumen yang sadar akan anggaran di China.

Tantangan di dalam negeri membuat PDD semakin bergantung pada pasar luar negeri seperti AS, di mana Temu menyiapkan operasi pengirimannya sendiri dan secara aktif merayu para penjual di Amazon untuk gabung.

Sekitar 35% dari semua perangkat media streaming yang digunakan di AS dibuat oleh Amazon, menempatkannya di urutan kedua setelah Roku, menurut Parks Associates, firma riset pasar yang berbasis di Addison, Texas.

Amazon meluncurkan jajaran pemutar media Fire TV satu dekade yang lalu dan telah menjadi produk terlaris perusahaan. Remote mereka memiliki tombol yang mengarahkan pemirsa ke layanan streaming video Amazon, yang membantunya mengembangkan bisnis itu juga.

Amazon telah lama dikritik karena merugikan mitra mereknya dengan membuat versi generik dari produk mereka dan menurunkan harga. Perusahaan yang berbasis di Seattle ini telah meluncurkan baterai, pakaian, koper, perlengkapan rumah tangga, dan banyak lagi.

Amazon lebih mengunggulkan produknya sendiri dalam hasil pencarian daripada produk yang dijual oleh pesaing, diduga aksinya melanggar aturan antimonopoli, demikian tuduhan Komisi Perdagangan Federal dalam gugatan terhadap perusahaan tersebut tahun lalu.

Remote seharga US$4 juga dapat merusak bisnis Fire TV Amazon, terutama jika pabrik-pabrik di China mulai memproduksi aksesori generik lain. Beberapa pembeli akan mengambil risiko dengan membeli remote Temu untuk menghemat uang meskipun hanya beberapa dolar AS, kata Rob Volpe, pakar perilaku konsumen di San Francisco.

“Secara historis, saluran distribusi untuk sebuah merek adalah salah satu indikator utama bagi konsumen tentang sifat atau nilai premium dari sesuatu,” katanya. “Melihat produk Amazon muncul di e-commerce Temu terlihat sedikit aneh dan tidak pada tempatnya, tapi menurut saya hal itu tidak merugikan merek tersebut.”

(bbn)

No more pages