Logo Bloomberg Technoz

Kata AHY Soal Jatah Partai Demokrat di Kabinet Prabowo

Mis Fransiska Dewi
10 October 2024 15:20

AHY di sidang tahunan MPR (Dok. Sekretariat Jenderal DPR-RI)
AHY di sidang tahunan MPR (Dok. Sekretariat Jenderal DPR-RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyerahkan sepenuhnya keputusan jatah menteri untuk Partai Demokrat kepada Presiden terpilih 2024-2029. Soal penyusunan kabinet, Menteri ATR/BPN itu mengaku telah menyerahkan portofolio dan peran pemerintahan lima tahun mendatang kepada Prabowo. 

“Beliau [Prabowo] paling mengetahui kebutuhan pengawakan kementerian-kementerian atau badan-badan yang memang kita harapkan semuanya akan menjadi superteam untuk Indonesia lebih maju ke depan,” kata AHY di Kompleks Parlemen, Kamis (10/10/2024)

“Jadi kami terus terang atau belum tahu secara pasti kami juga tidak ingin berandai-andai waktunya tidak lama lagi, apa yang menjadi keputusan beliau.”

Saat ditanya soal kabar Partai Demokrat akan mendapatkan jatah lima menteri, AHY belum mengetahui. Ia masih menunggu pengumuman kabinet yang sebentar lagi akan diumumkan. Sejauh ini, kata dia, komunikasi dengan Prabowo berjalan sangat baik. 

AHY pun memastikan kehadiran PDIP yang sebelumnya menjadi pesaing pada Pemilihan Presiden 2024 tidak memengaruhi sikap Demokrat untuk mengawal pemerintahan Prabowo. Demokrat akan tetap fokus mendukung penuh pemerintahan Prabowo dan menjalankan peran apa pun yang akan diberikan.