Logo Bloomberg Technoz

Bahlil: Pengetatan BBM Subsidi Hampir Final, Jangan Terburu-buru

Dovana Hasiana
10 October 2024 14:20

Dana Kompensasi Triwulan I Terbayarkan, Pertamina Apresiasi Dukungan Pemerintah. (Dok: Pertamina)
Dana Kompensasi Triwulan I Terbayarkan, Pertamina Apresiasi Dukungan Pemerintah. (Dok: Pertamina)

Bloomberg Technoz, Jakarta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia mengatakan aturan pengetatan pengguna bahan bakar minyak (BBM) subsidi hampir rampung.

Namun, Bahlil mengatakan pemerintah masih mematangkan aturan tersebut dan tidak boleh tergesa-gesa. Hal ini dilakukan agar pemerintah bisa mengetahui dampak dari kebijakan tersebut bila diterapkan di tingkat masyarakat seperti nelayan dan petani.

“Aturannya sampai sekarang kita masih matangkan, kan tidak boleh terlalu terburu-buru, karena kita harus tahu dampak ketika diimplementasikan di tingkat nelayan, petani,” ujar Bahlil saat ditemui di Jakarta Pusat, Kamis (10/10/2024).

Namun, Bahlil tidak menjelaskan dengan gamblang apakah aturan pengetatan tersebut bakal diterbitkan pada era pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Presiden Terpilih Prabowo Subianto yang bakal dilantik pada Minggu (20/10/2024).

Seorang petugas mengisi bahan bakar jerigen dengan solar di SPBU PT Pertamina di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan./Bolomberg-Dimas Ardian

Sebagai informasi, Kementerian ESDM bakal menerbitkan 2 aturan terbaru dalam bentuk Peraturan Menteri (Permen) ESDM ihwal BBM.