Logo Bloomberg Technoz

Kelakar Sri Mulyani ke Basuki: Kami Tak Selalu Rukun Karena Ini

Azura Yumna Ramadani Purnama
10 October 2024 12:10

Sri Mulyani bersama Basuki Hadimuljono (Tangkapan layar instagram @smindrawati)
Sri Mulyani bersama Basuki Hadimuljono (Tangkapan layar instagram @smindrawati)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berkelakar terkait hubungannya dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang dianggap masyarakat selalu dekat dan rukun. Menurut dia, hubungan mereka tak selalu baik, sebab Basuki kerap meminta tambahan anggaran.

“Saya sama Pak Bas mungkin masyarakat melihatnya selalu kelihatan rukun, itu tidak selalu begitu, tidak selalu, karena semuanya tahu beliau selalu meminta tambahan [anggaran],” ujarnya dalam Seremoni Serah Terima Barang Milik Negara Kementerian PUPR Tahun 2024 di Jakarta, Kamis (10/10/2024). 

Lebih lanjut, ia menyatakan dirinya sebagai Bendahara Negara harus membagi anggaran kepada semua Kementerian/Lembaga (K/L), termasuk pemerintah daerah.

Berbagai instansi pemerintahan tersebut juga mengharapkan hal yang sama, yakni bertambahnya anggaran masing-masing institusi.

Dengan demikian, Sri Mulyani kerap meminta Basuki agar menahan terlebih dahulu kebutuhan yang sedang diperlukan atau akan dikeluarkan oleh Kementerian PUPR, utamanya ketika Basuki meminta tambahan anggaran.