Logo Bloomberg Technoz

Peringati Hari Kesehatan Mental Dunia, WHO Sorot Lingkungan Kerja

Dinda Decembria
10 October 2024 13:20

Kaum Muda Inggris Krisis Kesehatan Mental. (Dok: Bloomberg)
Kaum Muda Inggris Krisis Kesehatan Mental. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Setiap tanggal 10 Oktober diperingati sebagai Hari Kesehatan Mental Dunia. Perayaan ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat dunia tentang pentingnya kesehatan mental.

Mengutip laman World Mental Health Day, perayaan ini pertama kali ditetapkan oleh Federasi Kesehatan Mental Dunia atau World Federation for Mental Health (WFMH) pada tahun 1992.

Di sisi lain, dikutip dari laman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada dasarnya kesehatan mental ialah hak asasi yang dimiliki setiap manusia. Siapapun dan dimana mereka berada harus berhak mendapatkan tingkat kesehatan mental terbaik.

Untuk tahun ini WHO mengusung tema kampanye "Kesehatan Mental di Tempat Kerja". WHO bekerja sama dengan para mitra untuk menyoroti hubungan penting antara kesehatan mental dan pekerjaan. Lingkungan kerja yang aman dan sehat dapat berperan sebagai faktor pelindung bagi kesehatan mental.

Kondisi yang tidak sehat termasuk stigma, diskriminasi, dan paparan risiko seperti pelecehan dan kondisi kerja buruk lainnya, dapat menimbulkan risiko yang signifikan, yang memengaruhi kesehatan mental, kualitas hidup secara keseluruhan, dan akibatnya partisipasi atau produktivitas di tempat kerja.